Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Temulawak, Simak Manfaat dan Cara Buatnya

×

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Temulawak, Simak Manfaat dan Cara Buatnya

Bagikan berita
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)

KLIKKORAN.COM - Temulawak adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasa diperuntukkan dalam racikan obat-obatan, untuk sembuhkan penyakit.

Menurut wikipedia, tumbuhan ini paling banyak ditemukan di Pulau Jawa dan beberapa wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia dan Filipina hingga Jepang.

Nama ilimiah Temulawak adalah Curcuma zanthorrhiza yang berasal dari Kerajaan: Plantae, Famili: Zingiberaceae dan Divisi: Magnoliophyta serta Kelas: Monocotyledonae.

Tumbuhan ini tergolong Ordo: Zingiberales yang memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh, hingga racikannya disebut sebagai mengobati ragam penyakit bahaya seperti Kanker.

Pada artikel ini, akan dijabarkan informasi terkait manfaat tumbuhan Temulawak tersebut beserta cara buat minuman berkhasiatnya untuk kamu coba sendiri di rumah.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)

Sebagai salah satu zat penting bagi tubuh yang mengandung karbohidrat, serat dan kalsium, Temulawak disebut dapat meningkatkan fungsi pencernaan sampai bekerja sebagai antioksidan.

Pemanfaatan Temulawak sebagai pengobatan tradisional telah berlangsung bertahun-tahun karena memiliki antiinflamasi dan antioksidan yang bantu tingkatkan fungsi pencernaan, menyembuhkan Osteoartritis hingga anti kanker menurut Halodoc,

Osteoartritis adalah peradangan kronis di sendi akibat kerusakan tulang rawan dan jika mengonsumsi Temulawak dalam waktu 8 bulan berturut-turut, akan bantu peningkatan fungsi fisik yang signifikan karena kandungan Meriva-nya meski perlu studi lebih lanjut untuk membuktikan.

Sementara terkait anti kanker sendiri disebut dapat obati kanker payudara, usus besar dan prostat dengan cara kerja hentikan pertumbuhan pembuluh darah yang menjadi penyubur sel kanker. Berikutnya, temulawak disebut dapat bantu tingkatkan fungsi ginjal karena bisa menyaring racun.

Bahkan, Temulawak dapat mengeluarkan toksin dalam tubuh dan mempercepat proses pemulihan luka serta meningkatkan metabolisme hingga bantu atasi mual. Apalagi ada khasiat antioksidan yang baik buat kulit, cukup banyak ya khasiat nya?

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini