Jarang Minum Air Putih, Gadis Taiwan Ini Mengidap 300 Batu Ginjal karena Sering Konsumsi Bubble Tea

×

Jarang Minum Air Putih, Gadis Taiwan Ini Mengidap 300 Batu Ginjal karena Sering Konsumsi Bubble Tea

Bagikan berita
Ilustrasi Bubble Tea (Foto: epicurious.com)
Ilustrasi Bubble Tea (Foto: epicurious.com)

KLIKKORAN.COM - Mendadak heboh di media sosial seorang gadis Taiwan bernama Xiao Yu yang menjalani operasi untuk menghilangkan 300 batu ginjal.

Hal ini terjadi akibat gadis berusia 20 tahun tersebut sering mengkonsumsi minuman manis seperti bubble tea sebagai pengganti air minumnya.

Dilansir dari Wionews.com, Rabu (20/12) gejala awal yang dirasakan oleh Xiao Yu sebelum di diagnosis 300 batu ginjal oleh dokter adalah demam dan nyeri punggung bawah.

Hasil USG dan CT scan menunjukkan bahwa ginjal kanan Xiao Yu bengkak berisi cairan dan berisi batu berukuran antara 5 mm hingga 2 cm, menyerupai "roti kukus kecil". Batu-batu tersebut menumpuk karena dehidrasi kronis dan penumpukan mineral di ginjalnya.

Xiao Yu mengungkapkan kepada dokter bahwa dia jarang minum air putih dan mengantikannya dengan minuman yang manis seperti bubble tea, jus buah, dan alkohol untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama, seperti dilansir The Indepedent.

Kebiasaan tidak biasa ini mengakibatkan asupan air tidak mencukupi sehingga berujung pada terbentuknya batu ginjal.

Dokter melakukan operasi nefrolitotomi perkutan selama 2 jam, berhasil mengeluarkan sekitar 300 batu dari ginjal Xiao Yu.

Setelah melakukan operasi, kondisi Xiao Yu pun menjadi stabil dan dia dipulangkan beberapa hari kemudian.

Dr Lim Chye-yang, ahli bedah yang melakukan operasi tersebut, mengatakan kepada Metro News bahwa batu ginjal dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti asupan air yang tidak memadai atau pola makan yang tinggi kalsium dan protein.

Dokter tersebut juga menekankan pentingnya asupan air yang tepat untuk mengencerkan mineral dalam urin, mencegah mineral terkonsentrasi yang meningkatkan risiko pembentukan batu.

Editor : Khairannisa
Bagikan

Berita Terkait
Terkini