Waspada Bukan Pilek Biasa, Gejala Flu Ini Bisa Sebabkan Penyakit Lain di Akhir Tahun

×

Waspada Bukan Pilek Biasa, Gejala Flu Ini Bisa Sebabkan Penyakit Lain di Akhir Tahun

Bagikan berita
Ilustrasi Gondongan yaitu pembengkakan yang terjadi di area bawah pipi ke telinga (foto: Pexels)
Ilustrasi Gondongan yaitu pembengkakan yang terjadi di area bawah pipi ke telinga (foto: Pexels)

KLIKKORAN.COM - Selama beberapa waktu terakhir pada minggu mendekati akhir tahun, biasanya banyak kasus terkait penyakit pilek.

Gejalanya yaitu flu hingga demam, namun ternyata pada beberapa kondisi terkait keadaan ini bisa berimbas pada penyakit lain yang cukup meresahkan.

Nama penyakitnya yaitu Gondongan yang sering diderita anak kecil, ternyata salah satu gejalanya yaitu pilek dan flu serta demam karena virus adalah penyebabnya.

Karena penyebabnya adalah virus, maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkan. Sehingga, hanya bisa dilakukukan peredaan gejala yang timbul seperti demam dan pilek tadi.

Pada artikel ini, akan dijabarkan informasi tentang penyakit tersebut. Mulai dari gejala, penyebab hingga jenis pengobatan yang bisa dilakukan bagi penderita.

Mengenal Penyakit Gondongan

Area Pembengkakan Penyakit Gondongan (foto: Pexels)
Area Pembengkakan Penyakit Gondongan (foto: Pexels)

Jika kamu pernah mendengar istilah gondok, maka tidak jauh berbeda dari jenis penyakit Gondongan ini. Yang membedakan adalah gondok terjadi di tenggorokan, sementara Gondongan adalah benjolan di bawah pipi arah ke telinga.

Selain itu, penyakit Gondongan tidak disebabkan oleh kekurangan yodium atau zat yang ada pada Garam, seperti Gondok. Tapi Gondongan terjadi, karena daya tahan tubuh seseorang melemah akibat berbagai aktivitas hingga sebabkan virus masuk.

Intinya begini, di akhir tahun kan biasanya banyak yang merencanakan kegiatan hingga liburan. Nah jika kecapean, biasaya daya tahan tubuh menurun hingga penyakit deman hingga flu serta pilek akan menyerang dan virus adalah penyebabnya.

Nah, jika kondisi ini tak membaik, penderita bisa berkemungkinan terserang Gondongan atau pembengkakan di area bawah pipi ke dekat telinga yang menyebabkan sulitnya membuka rahang saat akan makan nasi. Kasusnya, banyak terjadi pada anak SD biasanya.

Berdasarkan wawancara Klikkoran dengan salah seorang dokter pada wilayah terkait, penyakit Gondongan tidak berbahaya. Namun karena penyebabnya virus, penderita harus melakukan banyak istirahat agar pembengkakan yang terjadi dapat hilang dalam waktu 5-7 hari.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini