Waspada Bukan Pilek Biasa, Gejala Flu Ini Bisa Sebabkan Penyakit Lain di Akhir Tahun

×

Waspada Bukan Pilek Biasa, Gejala Flu Ini Bisa Sebabkan Penyakit Lain di Akhir Tahun

Bagikan berita
Ilustrasi Gondongan yaitu pembengkakan yang terjadi di area bawah pipi ke telinga (foto: Pexels)
Ilustrasi Gondongan yaitu pembengkakan yang terjadi di area bawah pipi ke telinga (foto: Pexels)

Gejala dan Penyebab Penyakit Gondongan

Penyakit Gondongan Pada Anak (foto: The Asian Parents)
Penyakit Gondongan Pada Anak (foto: The Asian Parents)

Melansir postingan artikel Halodoc, virus yang menyebabkan penyakit Gondongan adalah paramyxoviruses dan mirip dengan virus flu. Makanya, waspadai lah gejala flu dan pilek karena selalu ada resiko hadirnya penyakit Gondongan.

Penyebarannya kurang lebih sama dengan flu, entah karena virus bersin atau batuk hingga tidak sengaja mengirup percikan air liur si penderita. Bahkan, jika menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita juga meningkatkan resiko penularan.

Tidak hanya itu, misalnya si penderita menyentuh mulut atau hidung dan terkontaminasi dengan meja. Maka orang di meja yang sama, akan berkemungkinan tertular apabila kondisi tubuhnya sedang dalam tahap pertahanan imun yang rendah.

Apalagi jika kamu abis hujan-hujanan atau bahkan kecapean, virus akan berkembang dalam masa inkubasi selama 2-3 minggu. Berikutnya, baru lah terjadi pembekakan hingga 5 hari dan akan hilang dengan meredakan gejala serta istirahat yang cukup.

Beberapa gejaja yang pasti diderita yaitu demam hingga kehilangan nafsu makan, bahkan pada kondisi yang parah bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Meskipun penyakit ini tidak tergolong berbahaya, namun jika mengalami, sebaiknya kamu memang harus ke dokter ya.

Pengobatan Penyakit Gondongan

Ilustrasi Istirahat agar sembuhkan Gondongan (foto: Pexels)
Ilustrasi Istirahat agar sembuhkan Gondongan (foto: Pexels)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa penyakit Gondongan tidak ada obatnya karena penyebab utamanya adalah virus. Maka jika kamu pergi berobat, dokter hanya memberi resep untuk mengurangi gejala sakit atau pun nyeri dan menyarankan untuk banyak beristirahat.

Selain istirahat yang cukup, kamu juga harus melindungi area gondongan dengan menutupi pakai masker agar benjolan tidak semakin besar. Ada baiknya juga karena penyakit ini tidak enak dilihat banyak orang, sekalian perlindungan ya mending pakai masker.

Terakhir, pembengkakan bisa dikurangi dengan melakukan kompresan air hangat pada area bawah pipi ke dekat telinga tersebut. Jangan lupa untuk rajin konsumsi air putih, istirahat cukup karena selalu ada kemungkinan iritasi kelenjar parotid.

Hindari konsumsi jus buah, makanan yang asam dan pastikan makan makanan lunak saja karena kamu akan sulit mengunyah. Jika ke dokter, kamu akan diberikan obat pereda nyeri hingga penurunan deman serta peredaan flu. Konsumsi dan lihat perubahan dalam waktu 1-2 minggu.

Ingat ya harus banyak istirahat karena jika komplikasi bisa sebabkan area pembengkakan di testis, infeksi radang otak dan membran cairan sumsum tulang belakang serta kehilangan pendengaran hingga gangguan jantung.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini