Daftar Daerah Terdampak Gempa Sumbar 5 Magnitudo, 23 Juli 2024

×

Daftar Daerah Terdampak Gempa Sumbar 5 Magnitudo, 23 Juli 2024

Bagikan berita
Gempa bumi Sumbar (foto: Prakirawan BMKG, Budi Iman)
Gempa bumi Sumbar (foto: Prakirawan BMKG, Budi Iman)

KLIKKORAN - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang berpusat di Mentawai pada hari ini, Selasa 23 Juli 2024.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa terdapat beberapa daftar daerah lain yang terdampak.

"Dirasakan (MMI) III-IV Mentawai, III Padang, III Pariaman, III Padang Pariaman, III Agam, II Padang Panjang," demikian keterangan akun Twitter X @infoBMKG.

"#Gempa (UPDATE) Mag:5.0, 23-Jul-24 10:10:12 WIB, Lok:1.69 LS, 99.57 BT (Pusat gempa berada di laut 36 km Timur Laut Kep. Mentawai), Kedlmn:10 Km," detail jelasnya.

Berdasarkan keterangan Prakirawan Budi Iman, BMKG Teluk Bayur di Padang melampirkan sebuah foto berisikan informasi terkait gempa bumi yang terjadi pada pukul 10:10:12 WIB tersebut.

Untungnya, gempa bumi berkekuatan 5 Magnitudo dengan kedalaman 10 Km dan 36Km TimurLaut Kepulauan Mentawai 1.69 LS 99.57 BT tersebut, tidak berpotensi tsunami.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian update terkini pada waktu pemutakhiran 23 Juli 2024 pukul 10:13:07 WIB.

"Gempa susulannya pasti ada namun intensitasnya lebih kecil dari gempa utama sebab tidak terasa oleh manusia," tulis Prakirawan Budi Iman pada sebuah pesan singkat.

Selain wilayah Mentawai, gempa bumi tersebut juga dirasakan oleh beberapa daftar wilayah lain seperti Padang dan Pariaman serta Agam hingga Padang Panjang.

Sementara, menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan alasan terjadinya gempa bumi. "Karena analisis pergerakan naik atau thrust fault," melansir publikasi Padek Jawa Pos.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini