Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Temulawak, Simak Manfaat dan Cara Buatnya

×

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Temulawak, Simak Manfaat dan Cara Buatnya

Bagikan berita
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)

Cara Buat Racikan Temulawak yang Berkhasiat

Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)
Ilustrasi Temulawak (foto: Canva)

Melansir hellosehat, kamu dapat mengolahnya dengan beberapa cara. Pertama dengan jamu yang membutuhkan bahan 25 gram rimpang temulawak sudah dipotong-potong,

660 ml air dan 1 sendok teh (5 ml) madu. Masukkan semua bahan setelah dihaluskan, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga matang.

Kamu juga bisa mencampur adonan pakai teh, campurkan 1 – 2 sendok teh (5 – 10 gram) bubuk temulawak atau temulawak yang sudah dihancurkan, 220 ml air panas dan Bubuk kayu manis. Masak sampai mendidih seperti jamu tadi, lalu hidangkan saat panas-panas. Ketiga, kamu dapat buat tonik herbal.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan (10 gram) temulawak parut atau bubuk temulawak, 1 sendok makan jahe parut atau bubuk jahe dan 700 ml air serta 1 buah lemon yang diperas sari buahnya hingga sejumput lada hitam yang sudah dihancurkan & Madu sesuai selera.

Masukkan semua bahan di atas dan rebus selama 3 menit, kemudian tambahkan air hangat dan madu sesuai selera. Minum perlahan selagi hangat, bahkan kamu bisa simpan ampasnya untuk digunakan 2-3 hari lagi untuk direbus dan minum kembali asal disimpan di kulkas.

Intinya, kamu dapat coba beberapa pengolahan racikan Temulawak di atas, buat minumannya sendiri dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan pada penyakit tertentu dengan konsumsi rutin, dapat meringankan gejalanya seperti Osteoartritis.

Itulah informasi terkait Temulawak bagi kesehatan beserta cara buat racikannya agar kamu bisa mencoba nya sendiri di rumah untuk mengobati beragam penyakit, berdasarkan rangkuman Valora News dari berbagai sumber pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini