Antisipasi Bahan Berbahaya, BBPOM Padang Rutin Periksa Makanan dan Minuman Pabukoan

×

Antisipasi Bahan Berbahaya, BBPOM Padang Rutin Periksa Makanan dan Minuman Pabukoan

Bagikan berita
Ilustrasi. (Foto: Dokumen Klikkoran)
Ilustrasi. (Foto: Dokumen Klikkoran)

KLIKKORAN- Balai Besar Pengawas Obat Makanan (POM) menyebutkan selalu melakukan pemeriksaan rutin terhadap makanan dan minuman atau pabukoan di bulan Ramadan, untuk memastikan keamanan dan kelayakannya.

Abdul Rahim, selaku Kepala Balai Besar POM di Padang, menjelaskan bahwa pemeriksaan dan pengawasan dilakukan secara intensif melalui sampling pabukoan.

"Kemudian kami melakukan penguji cepat di Laboratorium Mobil Keliling terhadap Boraks, Formalin, Metanil Yellow, dan Rhodamin B," katanya, seperti dikutip dari Info Publik pada Rabu 20 Maret 2024.

Pemeriksaan dilakukan di tiga lokasi pasar pabukoan utama, yaitu Pasar Raya Kota Padang, Pasar Nanggalo Kota Padang, dan Pasar Kota Padang Panjang.

"Dari hasil penguji cepat di Laboratorium Mobil Keliling BPOM di Padang pada ketiga lokasi tersebut, tidak ditemukan adanya bahan berbahaya pada takjil maupun menu berbuka lainnya," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan, Abdul Rahim juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang untuk memastikan pabukoan yang dijual bebas dari penyalahgunaan bahan berbahaya.

"Kami mengimbau untuk menghindari penggunaan bahan seperti boraks, formalin, metanil yellow, dan rhodamin B, serta memastikan pabukoan bebas dari cemaran biologis, kimia, dan fisika," terangnya.

Tidak hanya memberikan sosialisasi kepada pedagang, Balai Besar POM Padang juga menyosialisasikan kepada masyarakat agar cerdas dalam memilih pabukoan yang akan dibeli.

"Sehingga dapat menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga mereka selama bulan Ramadan," tutupnya. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini