Waspada! Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung agar dapat Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin

×

Waspada! Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung agar dapat Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin

Bagikan berita
Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung Agar Selalu Waspada, Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin (foto : anlene.com)
Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung Agar Selalu Waspada, Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin (foto : anlene.com)

KLIKKORAN.COM - Sampai saat ini serangan jantung masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi siapa saja. Serangan jantung dapat mengangkut nyawa seseorang tanpa kita sadari dan secara tiba-tiba.Serangan jantung (infark miokard) adalah gangguan jantung yang amat serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah.

Ketika seseorang mengalami serangan jantung, ia membutuhkan penanganan dari dokter sesegera mungkin agar nyawanya tertolong.Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Circulation, A Journal of the American Heart Association mengatakan tanda serangan jantung akan muncul sebetulnya bisa dideteksi lebih awal, bahkan satu bulan sebelum kejadian.

Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan pada lima rumah sakit di Amerika Serikat. Penelitian ini melibatkan 515 orang wanita dengan rentang usia 29 hingga 57 tahun.Menariknya, gejala yang ditemui bukanlah nyeri dada, melainkan perubahan tubuh yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Meskipun penelitian ini hanya fokus mengamati kaum wanita, namun bukan berarti pria dapat memandang remeh.

Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung

Melansir laman klikdokter (31/03/2023), berikut beberapa tanda awal yang muncul sebulan sebelum serangan jantung:1. Rasa Lelah Berlebihan

Tanda awal yang muncul sebelum serangan jantung yang pertama adalah rasa lelah yang berlebihan. Sebanyak 70 persen peserta penelitian melaporkan mengalami kelelahan berlebih, sehingga tidak dapat mengerjakan aktivitas ringan dan sederhana.Rasa lelah dapat saja terjadi karena beberapa hal. Salah satunya disebabkan oleh kegagalan pemompaan jantung yang optimal.

2. Mengalami Gangguan Tidur Sebanyak 48 persen peserta penelitian mengalami gangguan tidur. Sebagian pasien dengan penyumbatan pembuluh darah jantung dapat menderita kegagalan pompa jantung. Buruknya, pompa jantung bisa menyebabkan penumpukan cairan dengan keluhan sesak saat berbaring, sehingga mengganggu kualitas tidur.

Gangguan tidur dapat berupa insomnia (sulit tidur) serta tidak dapat menjaga kualitas tidur. Oleh karena itu, perhatikan tanda sebulan sebelum serangan jantung ini, ya.3. Sesak Napas yang Mengganggu

Sesak napas dirasakan oleh 42 persen responden, sehingga menjadi gejala serangan jantung yang penting untuk diperhatikan. Apalagi, sesak akibat sulit bernapas ini diakui cukup mengganggu oleh kebanyakan peserta penelitian.Sesak napas terjadi karena jantung merupakan organ yang penting untuk melakukan pemompaan darah. Ketika pemompaan tidak berlangsung memadai, maka darah dapat tertumpuk dan mengisi rongga paru yang memicu sesak nafas.

4. Masalah PencernaanSebanyak 39 persen responden mengatakan mengalami masalah pencernaan, seperti nyeri perut, mual, serta muntah.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 146496
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini