Elektabilitas Pilgub DKI 2024 Anies, RK dan Ahok Bersaing

×

Elektabilitas Pilgub DKI 2024 Anies, RK dan Ahok Bersaing

Bagikan berita
Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (foto: Thumbnail Youtube Liputan6)
Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (foto: Thumbnail Youtube Liputan6)

KLIKKORAN - Hasil elektabilitas calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2024, mencatut 3 nama populer dari para politikus.

Pertama, Anies Baswedan yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sampai 2022. Kedua, Ridwan Kamil (RK) adalah Mantan Gubernur Jawa Barat.

Ketiga, Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal dengan Ahok yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta yang pernah masuk penjara karena tuduhan kasus penistaan agama.

Meskipun Ahok sebagai salah satu etnis China yang pernah masuk penjara karena isu sensitif di Indonesia, hasil Elektabilitasnya sebagai anggota PDIP masih cukup tinggi.

Pasalnya, sebab ada isu yang beredar bahwa penyebab Ahok masuk penjara dulu adalah karena Jokowi. Skandalnya, dimulai dari penggalan video yang diedit.

Sementara RK sendiri, masih menarik simpati warga Indonesia. Apalagi, sejak putra sulungnya meninggal dunia karena hanyut di Swiss serta kasus sang Putri yang lepas hijab.

Terakhir, Anies merupakan mantan calon Presiden Indonesia periode 2024 yang menang tipis dari Prabowo dan Gibran. Citranya masih cukup bagus, untuk jadi Cagub DKI periode 2.

Hasil Elektabilitas Pilgub DKI 2024

1. Kompas

Berdasarkan survei Litbang Kompas dari tanggal 15-20 Juni 2024, memberikan hasil elektabilitas Anies 29,8% dan Ahok 20% serta RK 8,5%. Sementara calon lain ada Erick Thohir 2,3% dan Sri Mulyani 1,3% hingga Kaesang 1%.

Tidak hanya itu, Tri Rismaharini juga dapat jatah 1% bersama Andika Perkasa serta Heru Budi Hartono. Sisanya, ada nama lain dengan total 4,3%.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini