Paspor Nusantara Rilis 17 Agustus 2024, Begini Tampilannya

×

Paspor Nusantara Rilis 17 Agustus 2024, Begini Tampilannya

Bagikan berita
Paspor Nusantara 17 Agustus 2024 (foto: JIBI-Surya Dua Artha Simanjuntak)
Paspor Nusantara 17 Agustus 2024 (foto: JIBI-Surya Dua Artha Simanjuntak)

KLIKKORAN - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Menkumham luncurkan paspor desain baru.

Menteri Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa perilisan ini sesuai momentum.

Seperti yang diketahui, Indonesia memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus pada tahun 2024 di tanggal yang sama, desain paspor ini dirilis.

Desain paspor tersebut tidak berwarna toska seperti biasanya, tapi tampilannya berwarna merah yang dengan tema 'Budaya Nusantara'.

Dalam keterangannya kepada Kompas, Yasonna Laoly menyebut bahwa paspor desain merah masih banyak stok dan bisa dibagikan kepada warga mulai 17 Agustus 2024.

"Momentum HUT RI 17 Agustus ini, saya luncurkan desain paspor baru. Tema merajut nusantara dalam kebinekaan Indonesia yang beragam dan saling menguatkan," ujarnya.

"Makna desain ini menggambarkan kekayaan budaya Indonesia yang terbingkai dalam kebinekaan dengan tampilan 33 motif batik sebagai cerminan perkuat identitas nasional," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, desain baru Paspor yang warna merah dengan tampilan batik ini juga berimplementasi terhadap teknologi serta pengamanan terkini dalam pemutakhirannya sesuai security features.

Tampilan Paspor Baru

Disisi lain, Dirjen Imigrasi Silmy juga memberikan sebuah keterangan berdasarkan publikasi Tribunnews yang membahas terkait motif batik yang ada pada 33 halaman paspor.

"Motif ini melambangkan keberagaman budaya dan etnis serta ras hingga golongan warga negara sebagai corak kehidupan dalam wujudkan cita-cita Indonesia," jelasnya saat jumpa pers Paspor tersebut.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini