Tema Hari Kemerdekaan RI 2024 dan Makna Logo Perayaan ke-79

×

Tema Hari Kemerdekaan RI 2024 dan Makna Logo Perayaan ke-79

Bagikan berita
Ilustrasi Hari Kemerdekaan Indonesia (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Hari Kemerdekaan Indonesia (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Hari kemerdekaan Indonesia atau perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI akan segera diberlangsungkan, pada 17 Agustus 2024.

Tema yang diangkat pemerintah tahun ini, sesuai publikasi konten dari Sekretariat Negara yaitu "Nusantara Baru - Indonesia Maju."

Bersamaan dengan itu, juga dipublikasikan sebuah logo yang berkaitan dengan tema. Maksud penggambarannya, yaitu akan terjadi sejumlah transisi besar kedepannya.

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa beberapa tahun belakangan, pemerintah sedang mempersiapkan perpindahan ibukota dari Jakarta ke IKN secara menyeluruh.

Bahkan, beberapa fasilitas IKN di Kalimantan tersebut sudah mulai digunakan. Salah satunya, minum air langsung dari keran hingga kerta listrik tanpa rel.

Tidak hanya itu, bagunan apartemen untuk para pejabat PNS yang akan dipindahtugaskan ke IKN juga hampir rampung. Semua proses dipercepat, dalam rangka sambut Kemerdekaan ke-79.

Makna Logo HUT RI

Terkait logo HUT RI 2024 ini, merupakan karya dari Inggrid Wenas yang mana visualisasi maknanya mencakup 7 konsep dan mengindikasikan Indonesia pada pendalaman berikut.

  • Kepulauan
  • Lambang negara
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Berkelanjutan
  • Ekonomi hijau
  • Persatuan dan harapan
  • Kesetaraan.

Makna kepulauan, tentu saja karena Indonesia memiliki banyak pulau yang terpisah tapi tetap satu. Lalu ada angka 7 pada logo, menggambarkan paruh Garuda sebagai lambang negara.

Selanjutnya, angka 7 juga disebut menyerupai panah yang jadi simbol harapan bangsa untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi hingga ekspor visi misi terkait.

Sementara, makna keberlanjutan yaitu Indonesia yang saling terhubung satu sama lain dan memiliki gambaran tentang prinsip pembangunan negara berkelanjutan.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini