Waspada! Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung agar dapat Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin

×

Waspada! Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung agar dapat Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin

Bagikan berita
Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung Agar Selalu Waspada, Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin (foto : anlene.com)
Cek Tanda Awal Sebelum Serangan Jantung Agar Selalu Waspada, Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Sedini Mungkin (foto : anlene.com)

Ya, gangguan jantung juga dapat berdampak pada saluran pencernaan. Terlebih jika terjadi penumpukan cairan yang berat. Seseorang dengan gangguan ini dapat mengeluh perut terasa kembung, mual dan cepat kenyang.5. Cemas

Sebanyak 35 persen responden penelitian mengaku mengalami rasa cemas berlebih. Penyebabnya pun tidak diketahui.Jika kamu mengalami kecemasan dan sebelumnya belum pernah mengalaminya, sebaiknya langsung berkonsultasi kepada dokter. Sebab, mungkin ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit.

6. Nyeri DadaTanda lainnya yang bisa terjadi sebulan sebelum serangan jantung adalah nyeri dada. Pasalnya, sekitar 30 persen responden mengalami nyeri dada yang merupakan ciri khas serangan jantung.

Terkadang, nyeri dada ini juga ditemukan di kondisi lain seperti asam lambung naik (GERD), masalah paru, masalah otot, atau masalah tulang di area dada.Nyeri dada sering tidak dihiraukan oleh orang yang sebenarnya berisiko mengalami serangan jantung. Karena itu, jika kamu mengalami keluhan nyeri dada, pastikan kamu memeriksakannya ke dokter.

Tanda-tanda di atas merupakan peringatan dini serangan jantung yang sering luput dari kecurigaan dokter. Sebab tanda di atas mirip dengan gejala penyakit lainnya.Kendati demikian, tidak semua orang yang mengalami kelelahan atau gangguan tidur sudah pasti akan terkena serangan jantung. Gejala tersebut dicurigai sebagai tanda serangan jantung apabila memiliki faktor risiko tertentu.

Faktor risiko serangan jantung bisa terkait usia (bagi pria di atas usia 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun).Apabila punya riwayat penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau kolesterol, kamu juga berisiko mengalami serangan jantung (infark miokard). Begitu pula dengan orang yang punya kebiasaan merokok.

Waspadai gejala dan faktor risiko di atas. Lakukan pengecekan kondisi jantung menyeluruh dengan bantuan dokter. Berbagai metode bisa dilakukan seperti elektrokardiogram (EKG), enzim jantung, serta angiografi.Pemeriksaan tersebut berguna untuk menegakkan diagnosis dini sehingga pencegahan serangan jantung pun bisa lebih baik.

Itulah tanda dan gejala yang bisa terjadi sebulan sebelum serangan jantung. Jadi, waspadalah dan periksakan jantungmu secara rutin ke dokter.Selain penjelasan di atas, Anda juga dapat mengetahui fakta tentang serangan jantung berikut ini:

  1. Berhati-hatilah terhadap sakit yang sangat pada garis rahang.
  2. Anda mungkin tidak pernah merasakan sakit pertama pada dada selama serangan jantung.
  3. Pusing dan keringat berlebihan merupakan gejala pada umumnya.
  4. Editor : Saridal Maijar
    Sumber : 146496
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini