Bahaya! GB WA Bisa Jual Data Pengguna ke Perusahaan Cina hingga Kloning Kartu ATM

├Ś

Bahaya! GB WA Bisa Jual Data Pengguna ke Perusahaan Cina hingga Kloning Kartu ATM

Bagikan berita
(foto ilustrasi perusahaan cina: /pexels)Foto: capture Quora)
(foto ilustrasi perusahaan cina: /pexels)Foto: capture Quora)

KLIKKORAN.COM - Bagi Anda yang menggunakan aplikasi GB WA atau WhatsApp GB mungkin perlu berhati-hati dalam penggunaan aplikasi whatsapp versi modifikasi ini.Seperti yang kita ketahui, GB WA adalah aplikasi chatting WhatsApp yang dimodifikasi (MOD) sedemikian rupa dengan menambahkan fitur yang tidak tersedia pada aplikasi originalnya.

Banyak pengguna merasa aman-aman saja saat menggunakan GB WA karena secara langsung merasa tidak dirugikan. Tapi, tahukah Anda ada bahaya dan resiko menggunakan GB WA?Saat ini, ada banyak penyedia GBWhatsApp APK, dan ada risiko mengadu data pribadi menggunakan malware. Penyedia mengklaim bahwa pengguna dapat menyimpan perangkat mereka selama mereka mengunduh file dari situs web tepercaya.

Mengutip salah satu pengguna Quora (12/03/2023), Anurag Kush mengatakan tentang pelanggaran privasi ketika ia menggunakan GB WA. Pada postingannya, web developer lulusan dari Btech (IT) Starex University, India ini mengatakan "Gbwhatsapp menjual data kami"."Saya menguji apk gbwhatsapp (GB WA) untuk keamanan di situs ini: ImmuniWeb® - Pengujian Keamanan Web dan Seluler, Pengujian Penetrasi Aplikasi, Peringkat Keamanandan saya mendapatkan hasil ini.", tulis Anurag Kush di Quora.

"Hal-hal yang membuat saya curiga tentang aplikasi ini adalah situs web bernama Umeng yang merupakan situs web Cina yang menggunakan data untuk kepentingan mereka sendiri seperti yang Anda lihat di tangkapan layar pertama."Tangkapan layar:

[caption id="attachment_144809" align="alignnone" width="563"]GB WA Bisa Jual Data Pengguna ke Perusahaan Cina (Foto: Anurag Kush/Quora)[/caption]"Pada akhirnya GB Whatsapp menjual data kami ke perusahaan cina untuk menghasilkan keuntungan, dan mungkin itulah alasan mengapa pengembang memodifikasi APK asli , hanya untuk mendapatkan uang dengan menjual data kami ke pasar cina".

"Harap kalian mengerti ini. Silakan tinggalkan gbwhatsapp (GB WA) jika memungkinkan", pungkasnya.Nah, mengapa Anda tidak harus menggunakan GBWhatsApp yang memiliki lebih banyak fitur daripada WhatsApp versi original?

Penyebab utamanya adalah aplikasi GBWhatsApp (GB WA) berasal dari sumber yang berbeda selain Google Play Store. Jadi, saat Anda memasang aplikasi ini, android akan selalu memberi tahu Anda bahwa "Aplikasi ini tidak aman".Penyebab lain adalah bahwa itu bukan aplikasi resmi WhatsApp, meskipun WhatsApp tidak pernah menentang aplikasi ini. Dan satu lagi adalah kode program WhatsApp asli dirusak oleh aplikasi ini.

Pengembang GB Whatsapp diketahui menambahkan KeyLogger pada aplikasi, sehingga semua yang Anda ketik akan disimpan di server mereka. Jika Anda menggunakan transaksi online melalui telepon Anda, mereka dapat menyalin penekanan tombol data kartu Anda untuk mengkloning kartu Anda.Selanjutnya, Apa pun yang Anda kirim atau terima di GB WA tidak akan memiliki enkripsi end-to-end seperti WhatsApp asli, dan pengembang dapat menerima data pribadi termasuk gambar dan video.

Mereka memiliki akses untuk membaca sms Anda, jadi jika mereka ingin melakukan penipuan di rekening bank Anda, mereka dapat menerima OTP sebelum Anda mengetahuinya.akses memori Anda juga ada, jadi file pribadi apa pun di ponsel Anda tidak aman.

Itulah alasan mengapa GBWhatsApp tidak aman digunakan dan penggunaan aplikasi ini dilarang oleh WhatsApp. Untuk itu, pengguna perlu menyadari segala resiko menggunakan aplikasi modifikasi.(KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 144806
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini