Seberapa Berbahayakah Turbulensi pada Pesawat Terbang?

×

Seberapa Berbahayakah Turbulensi pada Pesawat Terbang?

Bagikan berita
Seberapa Berbahayakah Turbulensi pada Pesawat Terbang?
Seberapa Berbahayakah Turbulensi pada Pesawat Terbang?

KLIKKORAN.COM - Turbulensi adalah pergerakan udara yang tidak teratur yang menyebabkan perubahan ketinggian atau sudut pesawat yang tidak menentu, yang terasa seperti bergelombang, terpotong, atau terlempar bagi orang-orang di dalamnya.

Tekanan atmosfer, udara di sekitar pegunungan dan cuaca atau badai semuanya dapat menyebabkan turbulensi, menurut FAA.

Salah satu jenis turbulensi yang paling berbahaya adalah apa yang dikenal sebagai turbulensi udara jernih.

Perubahan iklim menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan dalam aliran jet dan membuat kecepatan angin lebih cepat, yang akan menyebabkan lebih banyak turbulensi saat langit tampak cerah.

Dilansir dari laman www.npr.org turbulensi udara bersih inilah yang menyebabkan penerbangan Lufthansa yang melakukan perjalanan dari Texas ke Jerman tiba-tiba turun 1.000 kaki minggu lalu.

Turbulensi tiba-tiba terjadi selama layanan makan, ketika awak dan penumpang sedang bergerak di sekitar kabin.

Pesawat dialihkan ke Bandara Internasional Washington Dulles, dan tujuh orang dibawa ke rumah sakit dengan luka ringan.

Seberapa Berbahayakah Turbulensi pada Pesawat Terbang?

Turbulensi biasanya hanya menyebabkan perjalanan yang bergelombang, tetapi tingkat keparahannya sangat bervariasi dan dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat serta cedera pada penumpang dan awak pesawat belum lagi ketakutan dan kecemasan yang serius di antara para penerbang.

Yang pasti, cedera akibat turbulensi jarang terjadi.

Pada tingkat jelajah penerbangan, hanya sekitar 3% atmosfer yang mengalami turbulensi ringan, sekitar 1% mengalami turbulensi sedang, dan beberapa persepuluh persen mengalami turbulensi parah pada waktu tertentu, kata Paul Williams, seorang profesor ilmu atmosfer di University of Reading.

Dari 2009 hingga 2021, ada 30 penumpang dan 116 awak pesawat yang terluka parah karena turbulensi dari jutaan orang yang terbang setiap tahun, menurut data Federal Aviation Administration .

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 144569
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini