Tanpa Operasi, Inilah 5 Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

×

Tanpa Operasi, Inilah 5 Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

Bagikan berita
Tanpa Operasi, Inilah 5 Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami
Tanpa Operasi, Inilah 5 Cara Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

KLIKKORAN.COM - Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit batu empedu yang bisa penderita lakukan agar kembali sehat.

batu empedu yang berukuran kecil atau sebesar pasir, biasanya tidak terlalu menggaggu. Biasa jika terjadi peningkatan ukuran dan masuk ke salah satu bagian kantung empedu, maka penderita akan merasakan nyeri yang hebat pada bagian perut kanan bagian atas.

Untuk menghilangkan batu empedu biasanya dokter akan memberikan obat penghancur terlebih dahulu. Jika itu tidak bekerja, dokter akan menyarankan untuk tindakan operasi sesuai kondisi penderita.

Jika sudah terjadi adanya gejala, maka operasi akan dilakukan. Dokter bisa melakukan operasi batu empedu dengan laparoskopi maupun dengan bedah terbuka, yaitu melalui sayatan pada dinding perut.

Dilangsir dari Aladokter Ada beberapa cara alami yang di yakini bisa  menghancurkan batu empedu.

1. Minyak zaitun

Sebagian orang percaya bahwa melakukan pembersihan kantung empedu bisa memecah batu empedu dan merangsang kantung empedu untuk mengeluarkannya melalui tinja. Cara ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi kombinasi minyak zaitun, jus buah, dan bahan herbal.

Namun, hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah mengenai penggunaan minyak zaitun dalam mencegah atau mengobati batu empedu.

2. Jus apel

Rutin mengonsumsi jus apel juga dipercaya mampu menghancurkan batu empedu secara alami. Hal ini karena jus apel dianggap mampu melunakkan batu empedu, sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah.

Namun, klaim ini sebenarnya belum terbukti secara ilmiah. Jadi, sebaiknya Anda tetap berhati-hati, apalagi jika Anda menderita diabetes atau sakit maag.

3. Dandelion

Cara menghancurkan batu empedu secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi akar dandelion. Tumbuhan ini diketahui dapat mengatasi berbagai gangguan hati dan kantung empedu, termasuk batu empedu.

Di sisi lain, manfaat dandelion untuk menghancurkan batu empedu masih perlu diteliti lebih lanjut untuk menentukan efektivitas dan dosisnya sebagai terapi pengobatan.

4. Artichoke

Ekstrak artichoke diketahui dapat merangsang produksi empedu serta meningkatkan fungsi kandung empedu dan hati. Obat alami ini biasanya tersedia dalam bentuk suplemen, tetapi hanya boleh dikonsumsi atas anjuran dokter.

5. Akupunktur

Terapi akupunktur dipercaya dapat menjadi salah satu cara menghancurkan batu empedu secara alami. Meski umumnya aman, terapi akupunktur untuk pengobatan batu empedu masih memerlukan lebih banyak penelitian yang mendalam.

Seperti yang telah dijelaskan, penelitian seputar cara menghancurkan batu empedu secara alami masih sangat terbatas dan belum terbukti efektivitasnya. Bahkan, beberapa orang bisa saja mengalami efek samping dari pengobatan alami tertentu.

Namun, jika muncul gejala, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143607
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini