4 Link Ujian Tes Depresi Online 2023 dan Kesehatan Mental Profesional yang Viral di Tiktok

Foto: Denpasar mental health centre(ilustrasi: pexels)(ilustrasi: Ujian Tes Depresi Online/pexels)
Foto: Denpasar mental health centre(ilustrasi: pexels)(ilustrasi: Ujian Tes Depresi Online/pexels)

KLIKKORAN.COM - Dalam artikel ini terdapat link ujian Tes Depresi Online 2023 yang bisa Anda ikuti secara gratis untuk mengetahui tingkat depresi yang kamu alami.

Terdapat 4 ujian Tes Depresi Online 2023 untuk mencari tahu kondisi Anda saat ini, lewat google form dan link situs kesehatan mental dari profesional.

Simak ulasannya pada artikel ini sampai habis agar lebih memahami tentang depresi kali ini sebelum masuk ke link ujian tes depresi yang viral ini.

Untuk itu, perlu kita ketahui defenisi dari Depresi itu sendiri.

Depresi

[caption id="attachment_144367" align="alignnone" width="596"]Defenisi Depresi (ilustrasi depresi: energepic.com/pexels)[/caption]

Menurut situs kesehatan Alodokter, Depresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai. Seseorang dinyatakan mengalami depresi jika sudah 2 minggu merasa sedih, putus harapan, atau tidak berharga.

Depresi yang dibiarkan terus berlanjut dan tidak mendapatkan penanganan dapat menyebabkan terjadinya penurunan produktifitas kerja, gangguan hubungan sosial, hingga munculnya keinginan untuk bunuh diri.

Seseorang yang depresi umumnya menunjukkan ciri-ciri psikologi dan fisik tertentu. Ciri psikologis orang yang depresi adalah rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, emosi yang tidak stabil, serta rasa putus asa atau frustrasi.

Sementara itu, ciri-ciri fisik pada seseorang yang depresi adalah selalu merasa lelah dan tak bertenaga, pusing dan nyeri tanpa penyebab yang jelas, serta menurunnya selera makan.

Depresi lebih sering dialami oleh orang dewasa. Penyebabnya diduga terkait dengan faktor genetik, hormon, dan zat kimia di otak. Beberapa faktor pemicu depresi adalah:

  • Peristiwa traumatis
  • Tekanan batin, misalnya karena masalah keuangan atau masalah rumah tangga
  • Pola pikir yang salah, seperti toxic positivity
Melansir situs Denpasar Mental Health Centre, gangguan depresi biasanya ditandai dengan gangguan emosi berupa gejala seperti berikut ini:
  1. Perubahan nafsu makan dan berat badan
  2. Perubahan tidur dan aktifitas
  3. Badan terasa lemah
  4. Merasa bersalah
  5. Masalah dalam berpikir dan mengambil keputusan (sulit berkonsentrasi)
  6. Adanya ide bunuh diri yang berulang
Berdasarkan uraian di atas, kamu dapat mengikuti tes depresi yang berguna untuk mengetahui tingkat depresimu saat ini.

Ujian Tes Depresi Online 2023

[caption id="attachment_144370" align="alignnone" width="679"]Link Ujian Tes Depresi Online 2023 (ilustrasi: Ujian Tes Depresi Online/pexels)[/caption]

Cara menjalani tes ini cukup mudah, dalam Ujian Tes Depresi ini berisikan berbagai pertanyaan tentang kondisi hati, fikiran dan fisikmu saat ini dengan pilihan ganda. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Anda hanya perlu mengisikan sesuai dengan kondisimu saat ini.

Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index