Benarkah Wortel Bisa Menjadi Obat Anti-Stroke Alami? Ini Penjelasannya

Wortel. Sumber Foto : Tokopedia.com
Wortel. Sumber Foto : Tokopedia.com

KLIKKORAN.COM - Kita tahu bahwa wortel baik untuk mata. Namun, ternyata wortel juga bermanfaat untuk mencegah dan mengoabati penyakit stroke.

Orang yang terkena stroke jika banyak mengkonsumsi vitamin A, akan mengalami lebih sedikit kerusakan neurologis (saraf) serta mempunyai kesempatan untuk sembuh.

Hal ini disebabkan ketika otak tidak memperoleh oksigen dalam waktu tertentu, seperti pada kasus stroke, sel mulai mengalami malfungsi (gangguan fungsi) yang menyebabkan rangkaian kejadian, yang puncaknya adalah ketika pada sel-sel terjadi kerusakan oksidatif. Kondisi tersebut dapat diredam jika dalam darah terdapat banyak vitamin A.

Khasiat anti penyakit stroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolestrol dalam pembuluh darah.

Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel sedikitnya tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 68% dibandingkan mereka yang makan wortel satu kali dalam sebulan. Sedangkan penderita stroke sebaiknya mengkonsumsinya setiap hari. Wortel sangat bagus bila dikonsumsi berupa jus.

Adapun manfaat lain dari wortel yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini
  2. Mencegah timbulnya kanker
  3. Berguna untuk penglihatan
  4. Mengurangi empedu dan lemak di lever
  5. Memudarkan bercak di kulit serta menghaluskannya
Banyak sekali bukan manfaat dari bahan makanan satu ini, maka tak heran wortel dapat mudah pula dijumpai disekitar kita dengan harga yang lumayan murah. Semoga bermanfaat.

(KK)

Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index