Damai Indonesiaku, Perayaan Imlek di Negeri Bersyariat

×

Damai Indonesiaku, Perayaan Imlek di Negeri Bersyariat

Bagikan berita
Imlek di Aceh (foto : kaskus)
Imlek di Aceh (foto : kaskus)

Ketika keluar Aceh, kata Yusmar, dia sering mempromosikan kampung halamannya. Yusmar menjelaskan, dia banyak mengajak teman-temannya etnis Tionghoa dari luar provinsi untuk datang berkunjung ke Aceh.

“Awalnya mereka takut, karena berlaku syariat Islam. Saya katakan tak perlu khawatir. Setelah mereka sampai ke Aceh, mereka bilang ternyata tak seperti persepsi sebelumnya. Mereka mengatakan karakter orang Aceh itu sangat menghormati tamu,” ungkap Yusmar dengan nada gembira.

“Memang kita minoritas di sini karena Aceh dominan Muslim. Kita mengharapkan yang mayoritas bisa tetap mengayomi kami yang minoritas. Juga sebaliknya, kami yang minoritas bisa menghormati kepada yang mayoritas,” sampai Yusmar.

Dalam adat Aceh ada istilah peumulia jame (memuliakan tamu). Sehingga sudah menjadi budaya bagi masyarakat Aceh untuk menghormati tamunya.

Di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, dilaporkan terdapat sekitar 2.500 hingga 3.000 lebih warga keturunan Tionghoa. Sebelum Tsunami, jumlah warga keturunan Tionghoa di atas 3.000 orang.

Walau Sudah Muslim, Tetap Merayakan Imlek

Ken Ken, 36 tahun warga etnis Tionghoa di Banda Aceh yang sudah muallaf (masuk agama Islam) menyatakan bahwa Tahun Baru Imlek merupakan tradisi leluhur. Ken mengaku ikut merayakan Imlek dengan caranya sendiri. Pria langsing ini tetap bersilaturrahmi dengan keluarga, kerabat dan teman-temannya. Dia akan mengadakan makan-makan, menyediakan kue-kue untuk para tamu.

Baca juga : Langkah-langkah Daftar Program Kampus Mardeka Kemendikbud Bagi Mahasiswa

Pada Imlek besok, Ken berencana untuk ikut dan berpartisipasi pada kegiatan sosial, membagikan bantuan kepada warga suku Tionghoa yang kurang mampu.

Ken mengaku, sebelumnya juga merupakan pengurus Vihara Dharma Bhakti. Kata Ken, meski Aceh adalah daerah syariat Islam, namun toleransi antar umat beragama sangat kuat.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 9175
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini