Obati 12 Penyakit ini dengan Kencur, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

×

Obati 12 Penyakit ini dengan Kencur, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Bagikan berita
Manfaat kencur sebagai obat tradisionalmanfaat kencur (sumber foto: hello sehat)
Manfaat kencur sebagai obat tradisionalmanfaat kencur (sumber foto: hello sehat)

7. Membersihkan darah kotor

sumber foto: nakita.id

Manfaat kencur selanjutnya adalah untuk membersihkan darah kotor. Penumpukan darah kotor pada seseorang biasanya ditandai dengan adanya lapisan kulit yang sering mengelupas, kulit terasa gatal, kondisi kulit tidak nyaman, banyak muncul cerawat dari pada biasanya, kotornya lingkungan juga pemicu darah kotor.Berikut cara menggunakan kencur sebagai obat untuk membersihkan darah kotor.

Cara mengobati:Ambil empat buah rimpang kencur yang sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 buah biji cengkeh kering, adas pulawaras secukupnya. Lalu semua bahan direbus secara bersamaan dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Air dapat diminum dua kali sehari secara teratur.

8. Mengatasi diare

Manfaat kencur sebagai obat tradisional

Daire biasanya disebabkan akibat virus, atau makanan dan minuman yang dikosumsi terkontaminasi, sudah kadarluasa, stres, iritasi usus, cemas dan hal diluar penyakit lainnya. Anda adapat menggunakan tumbuhan kecur untuk mengatasi diare yang tak kunjung berhenti.Cara mengobati:

Cara pertama ambil 2 buah rimpang sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur diparut hingga bersih lalu ditambahkan satu cangkir air hangat, diperas kemudia disaring air nya. Bahan yang telah disaring dapat dioleskan pada perut seperti mengoleskan bedak untuk mengobati diare.Cara kedua yaitu dengan mengambil dua buah rimpang sebesar ibu jari dan garam secukupnya lalu kencur diparut dan ditmabahkan garam secukupnya. Sama seperti sebelumnya kencur yang sudah jadi dapat diolesi ke bagian perut seperti bedak.

9. Memperlancar haid

[caption id="attachment_139730" align="alignnone" width="421"]Manfaat kencur sebagai obat tradisional sumber foto: alodokter[/caption]

Menstruasi tidak lancar dapat disebabkan karena olahraga yang berlebihan, berat badan berlebihan, atau kehilangan berat badan secara drastis seperti diet atau stres. Hal ini membuat hormon terganggu maka untuk itu agar haid tetap lancar bisa menggunakan kencur sebagai obat tradisional ini.Cara mengobati:

Bahan yang dibutuhakn sebanyak 2 buah rimpang yang sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 buah biji cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. Kemudia kencur dicincang, masukkan ke panci dan direbus bersamaan dengan bahan yang lain menggunakan 3 gelas air sampai mendidih. Hingga air rebusan yang tersisa hanya sebanyak 2 gelas dari 3 gelas air sebelumnya. Air yang tersisa disaring terlebih dahulu lalu dapat dikosumsi. Air ini diminum sebanyak 2 cangkir sehari untuk melancarkan haid pada wanita.

10. Mengatasi Mata pegal

Manfaat kencur sebagai obat tradisional  

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 139723
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini