Obati 12 Penyakit ini dengan Kencur, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

×

Obati 12 Penyakit ini dengan Kencur, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Bagikan berita
Manfaat kencur sebagai obat tradisionalmanfaat kencur (sumber foto: hello sehat)
Manfaat kencur sebagai obat tradisionalmanfaat kencur (sumber foto: hello sehat)

Manfaat kencur sebagai obat tradisional Penyakit influenza pada anak biasanya terjadi akibat penularan dengan faktor daya tahan tubuh. Terlebih lagi kondisi tubuh bayi yang rentan terhadap penyakit akibat masih memiliki imun tubuh yang belum kuat. Maka orang tua harus sangat waspada pada dari serangan penyakit ini. Untuk itu, orang tua dapat meggunakan kencur sebagai obat flu pada bayi.

Cara mengobatinya:Ambil 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/ tumbuhan cubeb) dengan menumbuk halus kedua bahan sebelumnya lalu ditambah 2 sendok air hangat. Cara pemakaian cukup mengoleskan pada sekitar hidung bahan yang telah dibuat.

4. Obat Masuk angin

sumber foto: berkeluarga

Masuk angin adalah kondisi dimana seseorang merasa tubuhnya kurang enak akibat pusing, mual, demam, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. Biasanya masuk angin diakibatkan kondisi tubuh yang tidak fit, terlalu lelah, bekerja berlebihan sehingga seseorang akan mudah masuk angin terlebih saat pergantian cuaca. Simak cara meggunakan kencur sebagai obat masuk angin berikut ini.Cara mengobatinya:

Ambil 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Kencur dikupas hingga bersih lalu kencur dimakan dengan garam secukupnya dan minum segelas air putih. Hal ini dapat dilakukan dua kali sehari.

5. Meringankan Sakit kepala

sumber foto: CNN indonesia

Sakit kepala dapat disebabkan oleh hal-hal yang di luar penyakit. Misalnya kurang tidur, kacamata dengan resep yang salah, stres, suara bising, penutup kepala yang terlalu ketat. Berikut cara meggunakan kencur sebagai obat sakit kepala.

Cara mengobati:Ambil dua sampai tiga lembardaun kencur. Caraya membuatnya dengan menumbuk daun kencur hingga halus lalu dioleskan pada dahi sebagai kompres.

6. Mengobati Batuk

sumber foto: alodocter

Kencur dipercaya dapat mangobati batuk dengan cepat. Batuk mudah muncul akibat udara yang tak bersih, saluran udara yang kotor, penggunaan tembakau, proses menelan makanan dan minuman yang tidak sesuai.Cara mengobati:

Ada dua cara dalam pengobatan batuk menggunakan kencur. Cara pertama yaitu: 1 buah rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Lalu kencur tersebut diparut, setelahnya tambah satu cangkir air hangat, diperas, disaring. Lalu air nya dapat diminum dan bisa ditambahkan garam secukupnya.Cara kedua yaitu satu buah rimpang sebesar ibu jari, dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Lalu dari kunyah-an tersebut airnya ditelan, ampas yang telah digigit dapat dibuang. Pengobatan cara ini dapat dilakukan secara rutin setiap pagi.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 139723
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini