10+ Masjid dengan Desain Terbaik dan Terindah di Dunia

×

10+ Masjid dengan Desain Terbaik dan Terindah di Dunia

Bagikan berita
10  Masjid dengan Desain Terbaik dan Terindah di Dunia (umma)*muslimahdaily.com*www.kontraktorkubahmasjid.com
10 Masjid dengan Desain Terbaik dan Terindah di Dunia (umma)*muslimahdaily.com*www.kontraktorkubahmasjid.com

Masjid Agung Xi'an di Xi'an, China

https://www.youtube.com/watch?v=CS11dka1jvI

Perpaduan arsitektur tradisional Tiongkok dan kepraktisan Islam, Masjid Agung Xi'an menampung lebih dari 20 bangunan di lima halamannya, menjadikannya masjid terbesar di Tiongkok.Banyak fitur arsitektur situs suci memberi penghormatan kepada akar Persia sambil mempertahankan gaya infrastruktur selama dinasti Ming dan Qing.

Misalnya, pagoda di halaman ketiga, yang disebut "Menara Menjelajahi Hati", berfungsi sebagai menara masjid.

Masjid Agung Sultan Qaboos di Muscat, Oman

https://www.youtube.com/watch?v=vuBu6QhMPAISultan Qaboos mengumumkan niatnya untuk membangun tempat suci yang megah pada tahun 1992, termasuk mengadakan kompetisi untuk menentukan desainnya.

Setelah beberapa tahun dibangun, Masjidil Haram akhirnya diresmikan pada tahun 2001 sebagai cara untuk merayakan 30 tahun Sultan sebagai penguasa.Pusat perhatian tengara adalah lampu gantung mewah di atas aula doa pria; perlengkapan pencahayaan terdiri dari 600.000 keping kristal yang dihias dengan emas dan lebih dari 100 lampu.

Masjid Raya Sumatera Barat

https://www.youtube.com/watch?v=Qba4unWnTkQ

Salah satu bangunan yang masuk dalam daftar tersebut adalah Masjid Agung Sumatera Barat yang terletak di kota Padang, Sumatera Barat.Penghargaan tersebut merupakan ajang yang menampilkan karya dan desain masjid dari negara-negara berpenduduk Muslim di dunia.

Pembangunan masjid dimulai pada 27 Desember 2007 dan selesai pada 7 Februari 2014, karena keterbatasan anggaran.Pemerintah daerah, masyarakat setempat, perusahaan swasta, bahkan pemerintah asing turut membantu mewujudkan masjid ini.

Pemerintah Saudi menyediakan US$50 juta untuk pembangunan masjid pada tahun 2009; Namun, ini bertepatan dengan gempa bumi Sumatera Barat 2009.Dengan demikian, dana tersebut dialihkan untuk rehabilitasi korban gempa dan restorasi Sumatera Barat. Pemerintah Turki kemudian menyumbangkan permadani ke masjid pada tahun 2014.

Masjid Agung Sumatera Barat terletak dalam kompleks seluas 40.343 meter persegi di persimpangan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan.Pembangunan gedung tersebut dirancang untuk merespon kondisi geografis Sumatera Barat yang beberapa kali diguncang gempa besar.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 101105
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini