10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Dan Terupdate

×

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Dan Terupdate

Bagikan berita
10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Dan Terupdate
(ilustrasi)
10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Dan Terupdate (ilustrasi)

Rapikan StorageCara mengatasi laptop lemot yang ke empat adalah dengan merapikan bagian storage. Sangat disayangkan faktor utama laptop anda menjadi lemot adalah karena bagian storage anda yang terdiri dari file-file lama anda yang menumpuk.

Maka anda bisa sedikit-sedikit memilah file-file mana yang sudah tidak terpakai lagi dan menghapusnya. Atau juga bisa dengan meng uninstall aplikasi yang tidak terpakai lagi.Kemudian anda juga bisa merapikan kembali dokumen-dokumen dan file penting di laptop anda. Memindahkan file-file tersebut ke eksternal harddisk agar spacenya lebih banyak.

Cara lainnya adalah dengan mengumpulkan file-file lama menjadi satu dan gunakan WinRAR untuk mengkompress ukuran filenya menjadi lebih kecil.Defrag Secara Berkala

Defrag adalah langkah dimana anda akan merapikan bagian hard drive dengan cara, membuka menu start kemudian pilih disk defragment. Software defragment tersebut adalah bawaan dari windows. Anda hanya tinggal menunggu hingga proses defrag nya selesai.Jangan Pakai Anti Virus Gratis

Nah, bagian terpenting dari cara mengatasi laptop lemot adalah dengan tidak menggunakan antivirus yang gratisan. Memang ada banyak jenis anti virus yang beredar di dunia maya dan dapat di download secara gratis.Anti virus yang demikian ini yang kadang bisa membuat laptop anda menjadi lemot. Maka anda bisa menguninstall aplikasi anti virus tersebut dan menggantinya dengan yang premium.

Hapus Junk fileSelain menginstall antivirus, anda juga menghapus junk-junk file. Untuk menghapus jenis junk file ini, anda bisa menginstall anti virus baru. Dengan cara membersihkan junk files, lebih baik daripada harus menginstall ulang laptop kamu dan kehilangan banyak data bukan?

Hentikan Aplikasi yang berjalan OtomatisJika anda masih merasa laptop anda lemot, maka kemungkinan di dalam laptop anda sedang berjalan aplikasi yang otomatis jalan saat start up.

Untuk mengatasi masalah ini di butuhkan sedikit pemahaman tentang computer. Langkah awalnya bisa anda awali pada bagian menu search, ketik lah msconfig, dan lihatlah apa saja yang aplikasi yang berjalan dilaptopmu dinyalakan.Beri tanda pada kotak “hide all microsoft service”, dan perhatikan aplikasi apa saja yang ada, siapa tahu ada yang tidak kamu kenal dan memberatkan proses laptop kamu. Setelah selesai, kamu akan diingatkan untuk restart laptop kembali.

Upgrade RAMDengan mengupgrade RAM dapat juga meningkatkan kemampuan multitasking laptop secara signifikan. RAM pada laptop hanya memiliki ukuran kecil, yakni hanya 2 GB.

Jika laptop digunakan hanya untuk mengetik saja RAM 2 GB mungkin tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi jika ingin melakukan banyak aktivitas seperti rendering atau video editing maka sebaiknya anda mengupgrade RAM anda minimal Ram 8GB.Gunakan SSD

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 41160
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini