Awas Salah Pilih! Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

×

Awas Salah Pilih! Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

Bagikan berita
Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik
Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

SD Association membagi kelas performa ke dalam dua tingkat, yakni A1 dan A2.A1 memiliki kecepatan baca acak 1500 IOPS dan tulis acak 500 IOPS.

Sedangkan A2 baca acaknya sebesar 4.000 IOPS dan tulisnya 2.000 IOPS.A2 merupakan kelas performa tercepat untuk saat ini.

Karena berkaitan dengan pengoperasian aplikasi, kelas performa hanya penting diperhatikan jika membeli microSD untuk device yang menjalankan aplikasi, seperti smartphone dan tablet.Sedangkan untuk device yang tidak menjalankan aplikasi seperti kamera, kelas performa dapat diabaikan.

Perhatikan Fitur Write ProtectionKartu SD ukuran standar banyak yang dibekali fitur write protection.

Ketika diaktifkan, fitur ini berfungsi mengubah kartu SD menjadi read-only, tidak bisa dipakai untuk menulis file baru, maupun menghapus file yang sudah ada.Fitur ini sangat berguna untuk melindungi data agar tidak terhapus ketika kartu SD berpindah device.

Pada SD card yang memiliki fitur ini, terdapat slider berwarna putih di sisi kiri bodi yang bisa didorong ke atas atau ke bawah.Fitur write protection akan aktif ketika slider didorong ke bawah.

Untuk yang baru beli kartu SD dan tidak bisa membuat file baru, sebaiknya memeriksa apakah fitur ini sedang dalam posisi aktif atau tidak.Demikian informasi mengenai cara memilih kartu SD yang tepat untuk perangkat elektronik.

Semoga bermanfaat.(kk)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 34329
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini