Awas Salah Pilih! Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

×

Awas Salah Pilih! Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

Bagikan berita
Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik
Cara Memilih SD Card yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

Berdasarkan sistem yang dibuat SD Association, terdapat empat tipe kapasitas kartu SD, yakni SD, SDHC, SDXC, dan SDUC. Masing-masing memiliki perbedaan sebagai berikut:SD atau kadang juga disebut SDSC (Secure Digital Standard Capacity) memiliki kapasitas 2 gigabytes (GB). Terdapat dalam segala ukuran.

SDHC (Secure Digital High Capacity) berkapasitas 2 sampai 32 GB. Terdapat dalam segala ukuran.SDXC (Secure Digital Extended Capacity) merupakan kartu SD yang berkapasitas 32 GB sampai 2 terabytes (TB). Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.

SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) mempunyai kapasitas 2 sampai 128 TB. Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.Kode-kode di atas selalu tertulis di bodi kartu SD sehingga pengguna tidak perlu bingung, karena kapasitas SD card juga selalu tertulis secara spesifik pada kemasan.

Meski begitu, beberapa device mungkin tidak mendukung semua tipe kapasitas. Karena itu, tidak ada salahnya Anda pastikan lagi kompabilitas kartu memori pada device(perangkat)Sesuaikan Kelas Kecepatan Dengan Perangkat

Kelas kecepatan tentunya akan menunjukkan kecepatan kartu SD dalam menulis data.SD Association membaginya ke dalam tiga tipe kelas kecepatan, yaitu Speed Class yang ditandai dengan huruf “C”, UHS (Ultra-High Speed) Class yang ditandai dengan huruf “U”, dan Video Speed Class yang ditandai dengan huruf “V”.

Speed Class mengukur kecepatan penulisan minimum kartu SD. Terbagi ke dalam empat tingkat, C2 dengan kecepatan minimum 2 megabytes (MB) per detik, C4 di 4 MB per detik, C6 di 6 MB per detik, dan C10 di 10 MB per detik.UHS Class mengukur kecepatan penulisan minimum dari kartu SD yang berkemampuan ultra-high speed.

Terbagi ke dalam dua tingkat, yakni U1 dengan kecepatan 10 MB per detik, dan U3 dengan kecepatan 30 MB per detik.Video Speed Class adalah standar kecepatan penulisan minimun yang dioptimasi untuk perekaman video pada resolusi tinggi, seperti 4K dan 8K.

Terbagi ke dalam lima tingkatan. Dimulai dari V6 di kecepatan 6 MB per detik, V10 di 10 MB per detik, V30 di 30 MB per detik, V60 di 60 MB per detik, dan yang tercepat V90 di 90 MB per detik.Penting untuk menyesuaikan kelas kecepatan kartu SD dengan preferensi perangkat.

Selain itu, karena kecepatan baca akan selalu lebih tinggi dari kecepatan tulis, pengguna perlu teliti dalam mempelajari tiap produk agar tidak tertukar.Periksa Performa

Khusus untuk microSD, selain kelas kecepatan, terdapat juga kelas performa, yakni pengukuran performa microSD dalam menjalankan aplikasi dengan mengukur kecepatan baca-tulisnya, baik secara acak maupun sekuens.Kelas performa Diukur dalam IOPS (input/output operations per second). Semakin tinggi IOPS-nya, semakin kencang pengoperasian aplikasi.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 34329
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini