Tema Hari Jadi ke-74: Info BMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh

×

Tema Hari Jadi ke-74: Info BMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh

Bagikan berita
Cuaca sekitar BMKG Teluk Bayur, Kota Padang (dok.Fathia/Klikkoran)
Cuaca sekitar BMKG Teluk Bayur, Kota Padang (dok.Fathia/Klikkoran)

Sedangkan di sektor pariwisata, data dan informasi yang dikeluarkan BMKG menjadi acuan dalam merancang katalog pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Terutama didaerah-daerah rawan bencana guna memitigasi dan meminimalkan risiko bencana.

“Data yang kami miliki juga dipergunakan untuk mendukung berbagai event olahraga maupun kenegaraan. Contohnya, Asian Games 2018 lalu dimana BMKG memberikan informasi kondisi cuaca, prediksi cuaca, suhu, kelembapan, kecepatan, dan arah angin di setiap lokasi pertandingan.

Ini dilakukan untuk keselamatan dan kelancaran event/lomba yang terpapar cuaca, seperti olahraga air dan paralayang,”

paparnya.

Baca juga : Rumah Warga Di Lubuk Basung Tertimpa Pohon Akibat Cuaca Ekstrem

Sementara itu, terkait layanan informasi gempabumi dan tsunami, dengan menerapkan Internet of Things (IOT) dan Artificial Intelligent (AI), BMKG mampu menganalisa dan memverifikasi data gempa bumi dan potensi tsunami dalam waktu kurang dari 5 menit.

Seluruh informasi tersebut didiseminasikan dan diamplifikasi melalui kanal-kanal komunikasi yang tersedia dalam hitungan detik.

BMKG sendiri dipercaya sebagai Tsunami Service Provider untuk memberikan informasi peringatan dini tsunami untuk 28 negara di Kawasan Samudera Hindia.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 22578
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini