Tema Hari Jadi ke-74: Info BMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh

×

Tema Hari Jadi ke-74: Info BMKG Kawal Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh

Bagikan berita
Cuaca sekitar BMKG Teluk Bayur, Kota Padang (dok.Fathia/Klikkoran)
Cuaca sekitar BMKG Teluk Bayur, Kota Padang (dok.Fathia/Klikkoran)

Dwikorita memaparkan, SLI yang diselenggarakan BMKG menjangkau hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Materi yang diberikan selama SLI mencakup pengenalan alat ukur cuaca dan iklim ; pemahaman informasi prakiraan iklim/ musim dan Iklim ekstrem ; tata cara pengamatan unsur cuaca dan agro ekosistem ; mengenal perbedaan cuaca dan iklim dan proses pembentukan hujan ; dan iklim dan tanaman.

“Ini semua dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisasi kerugian akibat “salah tanam” karena data dan informasi yang terkait prediksi dan prakiraan cuaca seperti peringatan dini cuaca ekstrem dapat diterima secara real time,”

tuturnya.

Sementara itu, di sektor konstruksi dan tata ruang, Dwikorita mengatakan data dan informasi yang dimiliki BMKG menjadi rujukan dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Contohnya, perencanaan pembangunan di daerah rawan bencana, pembangunan infrastruktur tahan gempa, pembangunan jalur evakuasi bencana, dan lain sebagainya.

Di sektor keagamaan, dengan teropong digital yang dimiliki BMKG membantu memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah, termasuk bulan Ramadhan dan hari Idul Fitri.

Data dan informasi tersebut menjadi rujukan saat sidang isbath. BMKG juga turut membantu umat muslim Indonesia mengkoreksi arah kiblat sholat.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 22578
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini