Mengenal Budaya Prancis, yang Mainkan Musik Gamelan Khas Indonesia

×

Mengenal Budaya Prancis, yang Mainkan Musik Gamelan Khas Indonesia

Bagikan berita
foto : timlo/infopublik
foto : timlo/infopublik

Kemudian pada masa kejayaan Louis XIV, perkembangan kebudayaan Perancis terlihat dengan semakin banyaknya seniman-seniman dan penyair-penyair yang lahir.

Serta dengan dibangunnya Istana Versailles dan kreasi Comedie-Francaise pada tahun 1680-an yang kemudian menambah kekayaan budaya bangsa Perancis.

Pada tahun 1793, museum Louvre pun dibangun sebagai tempat untuk memamerkan barang-barang dengan nilai seni yang tinggi dan terus berkembang hingga tahun 1832 ditandai dengan banyaknya bangunan-bangunan yang dirancang dengan gaya arsitektur yang indah dan perspektif seni yang nyata.

Dilansir dalam situs wikipedia, bangsa Perancis mengalokasikan dana hampir 25 milliar dolar untuk pengembangan kebudayaan di negaranya.

Dana tersebut digunakan untuk pemenuhan material seni, audiovisual, buku-buku, koran, serta untuk perawatan serta pengembangan tempat-tempat pertunjukkan kebudayaan.

Sebagaimana dimuat dalam situs ekonomi Pemerintah Perancis, pengaruh kebudayaan terhadap bangsa Perancis ditinjau dari segi ekonomi pun sangat tinggi karena hampir setiap kegiatan ekonomi bangsa Perancis berkenaan dengan kebudayaan dan seni.

Salah satunya dapat kita temukan dalam headline surat kabar, industri grafis (dengan pendapatan hampir 16,6 milliar dolar), dilanjutkan dengan aktivitas audiovisual.

Seperti televisi, industri rekaman, film (bisa menghasilkan hingga 11,6 milliar dolar), pasar seni pun memiliki dampak ekonomis yang tinggi bagi warga Perancis.

Dengan fakta-fakta yang disebutkan di atas, dapat terlihat betapa besarnya dampak kebudayaan terhadap negara Perancis, dan betapa seriusnya perhatian Pemerintah Perancis, ministre de la Culture, dalam mengembangkan aspek budaya di negara ini.

Baca juga : Perketat Jam Malam, Prancis Belum Membuka Fasilitas Umum Seperti Bioskop, Teater dan Gedung Konser

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 19045
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini