Hacker Gunakan Data Pribadimu Untuk Ini, Berikut Cara Mencegahnya!

×

Hacker Gunakan Data Pribadimu Untuk Ini, Berikut Cara Mencegahnya!

Bagikan berita
foto : cermati
foto : cermati

Pura-pura jadi teman atau kerabat korban, masuk rumah sakit, dan akhirnya pinjam uang ke teman sekelasnya.

5. Kartu Pembayaran

Data ini lebih spesifik lagi. Berisikan nomor kartu debit atau kartu kredit, expired date atau tanggal kadaluwarsa, dan nomor CVV.

Tahu dong kalau nomor CVV sangat penting dan harus dirahasiakan dari siapapun. Kode CVV adalah tiga digit angka terakhir yang tertera di belakang kartu kredit. Gunanya sebagai verifikasi saat transaksi.

Jika sudah dibobol penjahat, limit kartu kreditmu bisa digasak habis-habisan. Istilahnya carding, membeli atau belanja online dengan kartu kredit curian. Data kartu pembayaran tersebut juga rawan dijual ke pengepul carding. Harganya bisa jutaan rupiah.

6. User Credentials

Nama email dan password untuk autentikasi. Kalau sudah mendapatkan data user credentials, auto memperoleh kelima informasi atau data di atas.

Dapat dipakai penjahat siber untuk membeli sesuatu menggunakan akun belanja onlinemu atau menipu orang lain dari daftar teman sosial mediamu.

Contoh yang jarang disadari banyak orang, membeli akun premium Netflix dengan menggunakan ID dan password hasil hack akun orang lain.

Tips Gercep Mengatasi Pembobolan Data

Baca juga : Ini Jenis Phobia yang Menyimpan Rahasia Besar Terhadap Kepribadian Seseorang

  • Cek kebenarannya

Bila ada berita data pengguna aplikasi tertentu bocor dan dijual di situs gelap atau forum online, kemudian kamu merasa menggunakan aplikasi tersebut, maka segera konfirmasi kebenaran beritanya di website atau aplikasi itu.

Apakah valid atau tidak. Cek juga emailmu sudah pernah kena pembobolan data atau belum melalui laman:

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 18868
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini