Ini Mitos dan Fakta Terkait Puasa Mutih, yang Dijalani Aurel Hermansyah

×

Ini Mitos dan Fakta Terkait Puasa Mutih, yang Dijalani Aurel Hermansyah

Bagikan berita
foto : perjalanandoa.blogspot.com
foto : perjalanandoa.blogspot.com

Puasa mutih adalah berpuasa atau berpantang makan dan minum apa saja kecuali makan nasi putih dan air putih, seperti yang diberitakan Liputan6.

Menurut penuturannya, kakak Azriel ini berencana akan melakukan puasa mutih selama satu minggu. Anang Hermansyah pun, mendukung keputusan putrinya dan salut lantaran melestarikan tradisi.

Baca juga : Mantap Menikahi Aurel Bulan Depan, Atta: Terlalu Lama Juga Gak Bagus

Puasa mutih menurut penganut ajaran kejawen adalah puasa yang dilarang makan minum selain nasi putih dan air putih, mengutip dari Viva.

Istilah puasa mutih ini berasal dari bahasa jawa yang bermakna memutihkan, secara filosofisnya untuk membersihkan hati dan jiwanya serta mendapatkan keberkahan di dalamnya.

Puasa mutih biasa dilakukan oleh pengikut tarekat, adalah jenis puasa dimana si pelaku hanya makan sekepal nasi putih dan segelas air putih saja.

Tanpa sayur, lauk, atau sesuatu yang berwarna. Karena itu puasa mutih tidak termasuk dalam kategori puasa sunnah yang syar’i.

Sebenarnya, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari menjalani puasa mutih.

Namun, puasa mutih sama saja dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Dilansir dari laman Hello sehat, asupan tinggi karbohidrat dapat mempercepat metabolisme tubuh, serta menyediakan sumber utama bahan bakar tubuh.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 12603
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini