10 Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui, Ternyata Bagus untuk Kesehatan

×

10 Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui, Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Bagikan berita
Ilustrasi daun bawang. (Foto: KlikDokter)
Ilustrasi daun bawang. (Foto: KlikDokter)

Daun bawang mengandung banyak vitamin yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, maka kebutuhan sayuran dapat tercukupi.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan allicin dalam daun bawang bisa meningkatkan kesehatan kulit. Senyawa ini dapat mencegah kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Sayuran ini sangat berperan penting dalam memproduksi rhodopsin yang merupakan protein penting. Rhodopsin berperan penting bagi retina yang berguna untuk menyerap cahaya dan mencegah rabun senja.

Zat tersebut juga dapat membantu mempertajam penglihatan. Daun bawang juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8. Melancarkan pencernaan

Daun bawang mengandung kaya akan serat yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga berat badan ideal, dan menurunkan kolesterol. Konsumsi serat yang cukup juga bisa mencegah terjadinya konstipasi.

9. Menangkal radikal bebas

Keluarga bawang ini mengandung antioksidan yang bisa menurunkan radikal bebeas. Namun antioksidan yang dimiliki daun bawang bisa hilang efektivitasnya saat dimasak.

Kandungan antioksidan lebih tinggi saat masih mentah, namun saat Anda hendak mengkonsumsi sayur mentah pastikan sudah dicuci terlebih dahulu.

10. Mencegah infeksi

Ekstrak bawang ini juga dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus yang menyebabkan infeksi. Berdasarkan pengujian laboratorium diketahui bahwa sayuran ini bisa memperlambat pertumbuhan E.coli.

Demikianlah penjelasan terkait manfaat yang dimiliki oleh daun bawang. Semoga artikel ini bermanfaat yaa. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 137520
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini