Resesi Hantui Ekonomi, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat?

×

Resesi Hantui Ekonomi, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat?

Bagikan berita
Resesi hantui ekonomi dunia. (Foto: Detik.com)
Resesi hantui ekonomi dunia. (Foto: Detik.com)

"Berdasarkan data internal kami, adanya peningkatan pada jumlah pengguna Paylater di wilayah tier 2 dan tier 3 di Indonesia yang mengalami kenaikan sebesar 52% pada semester 1 tahun 2022 dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu menjadi indikator positif bahwa daya beli masyarakat dapat terus terjaga," tambahnya.

Hal ini membuktikan bahwa Paylater memegang peranan sebagai platform pembiayaan yang dapat menjadi instrumen penjaga daya beli bagi berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, salah satu bentuk antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghadapi dampak dari gejolak kondisi ekonomi adalah dengan bijak mengelola keuangan.

Baca juga: Terbaru! Inilah Pinjaman Online Resmi OJK Dengan Cicilan 12 Bulan

Hal tersebut juga menjadi fokus Kredivo yang secara berkelanjutan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya kemampuan mengelola keuangan di tengah ancaman resesi terutama pada momentum Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang jatuh sepanjang bulan Oktober 2022.

Konten edukasi finansial di sosial media, edukasi terkait digital literasi untuk mahasiswa, serta berpartisipasi pada acara Multifinance Day di Bandung dan acara Financial Expo (FinExpo) 2022 yang digelar di Jakarta merupakan rangkaian aktivitas yang dilakukan Kredivo untuk mendukung suksesnya Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk menjadi masyarakat cerdas dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi? Setidaknya terdapat 5 hal yang dapat dilakukan:

1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan instrumen penting yang dapat dimanfaatkan apabila sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Besaran dana darurat yang dimiliki minimal sejumlah 3 kali pengeluaran bulanan bagi yang masih berstatus lajang dan minimal sejumlah 6 kali pengeluaran bulanan bagi yang telah berkeluarga.

Baca juga: Langsung Cair! Daftar Pinjaman Online Modal KTP Tanpa Agunan dan Bebas BI Checking
2. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Belanja konsumsi masyarakat memiliki peran penting bagi kondisi perekonomian nasional karena akan berdampak pada roda perekonomian yang dapat terus berputar.

Oleh karena itu, tetaplah belanja barang sesuai dengan kebutuhan, terutama yang bersifat pokok dan penting.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 128245
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini