12 Tujuan Konseling Islami yang Membantu Anda Keluar dari Masalah

×

12 Tujuan Konseling Islami yang Membantu Anda Keluar dari Masalah

Bagikan berita
konseling islami dan 12 tujuannya (sumber foto: farah najwa)
konseling islami dan 12 tujuannya (sumber foto: farah najwa)

Tidak mengidap penyakit inferioritas, rendah diri, sabar dan optimis dalam menjalani kehidupan.

Baca juga: 11 Ciri-ciri Orang yang Mendekati Ajal Kematian Menurut Agama Islam

4. Memiliki kebiasaan yang sehat dalam cara makan, tidur dan menggunakan waktu luangMakan dan minum yang berlebihan atau mengkonsumsi makanan yang haram seperti minuman keras dan narkoba, tidur yang tidak teratur dan penggunaan waktu luang, memiliki kegiatan-kegiatan yang tidak baik seperti pergaulan dengan teman yang salah, keluyuran di malam hari, bermain tanpa mengenal waktu.

Kegiatan seperti ini akan mengakibatkan fisik dan mental tidak sehat bahkan dapat terkena penyakit yang kronis.5. Dalam kehidupan berkeluarga seharusnya menciptakan iklim kehidupan keluarga yang fungsional

Keluarga yang fungsional adalah keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan fundamental seseorang, baik dari yang bersifat biologis, material yaitu pangan, sandang dan papan lalu mental psikologis yaitu kasih sayang perhatian perawatan dan pendidikan.Maupun moral spiritual yaitu penanaman nilai-nilai atau ajaran agama seperti akidah ibadah dan akhlak.

Suasana keluarga yang fungsional merupakan faktor penentu yang sangat berarti bagi berkembangnya mental yang sehat untuk para anggota keluarga.Apabila orang tua, baik itu suami ataupun istri, tidak bisa menciptakan kondisi keluarga seperti di atas maka berarti keluarga tersebut mengalami disfungsional atau seperti hubungan antar anggota keluarga, atau hubungan suami istri tidak harmonis, miskin kasih sayang, kurang adanya perawatan dan pendidikan bagi anak ekonomi dan tidak taat beragama.

Baca juga: Berikut Anjuran Berpakaian dalam Agama Islam
Fungsional ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental yang tidak sehat bagi para anggota keluarga

6. Memiliki komitmen diri untuk senantiasa mengamalkan ajaran agama dengan sebaik-baiknyaIbadah yang bersifat hablum minallah seperti melaksanakan salat, shaum, Haji, baca Alquran, berdoa dan memberi zakat atau sedekah.

Sementara ibadah yang bersifat habluminannas seperti mencari ilmu, menyebarkan ilmu, menjalin tali persaudaraan dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan kehidupan sosial kemasyarakatan yang damai dan sejahtera.7. Memiliki sikap dan kebiasaan belajar atau bekerja yang positif

Seseorang siswa atau mahasiswa memiliki sikap positif terhadap pelajaran atau perkuliahan dia akan menghadapi semua aktivitas atau tugas-tugas yang dialaminya secara sehat, tetapi bagi yang bersifat negatif kemungkinan besar dia akan mengalami stres jika menghadapi tugas-tugas yang harus dikerjakannya. Atau dia akan bersikap malas untuk mengikuti pelajaran atau perkuliahan terasa sulit.Begitupun seorang pegawai guru dosen apabila dia menyukai bidang pekerjaannya maka dia akan merasa ringan dan memiliki kepuasan untuk mengerjakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.

Baca juga: Apa Arti Mimpi Ketemu Mantan Suami Menurut Islam? Bukan Hanya Ada Rindu
8. Memahami masalah dan menghadapinya secara wajar tabah atau sabar

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 127584
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini