Rp 20 Juta Bisa Bangun Bisnis Kedai Kopi Impianmu, Berikut Rincian Modal Usahanya

×

Rp 20 Juta Bisa Bangun Bisnis Kedai Kopi Impianmu, Berikut Rincian Modal Usahanya

Bagikan berita
Modal usaha Kedai Kopi, (Foto: ottencoffee)
Modal usaha Kedai Kopi, (Foto: ottencoffee)

Baca juga: Untung Rp 12 Juta/Bulan, Ini Rincian Modal Usaha Laundry, Sesuaikan Budget Kamu!
3. Menentukan Target Market

Tahu siapa target konsumen bisa bantu perencanaan bisnis dan strategi pemasaran kamu jadi lebih jelas.Misalnya, target market-mu adalah mahasiswa.

Nah, dari situ anda bisa melakukan riset dan pengamatan, berapa daya beli mahasiswa, kopi apa yang biasa mereka suka, nuansa tempat, desain interior, fasilitas, menu, dan strategi promosi apa yang tepat.Cara menentukan target market bisa melalui aspek demografik (umur, usia, gender, daya beli), geografik (wilayah, urban, sub-urban, atau rural), dan psikografik (minat, preferensi gaya hidup, status ekonomi sosial).

Contohnya, target market-nya mahasiswa, lokasi yang tepat adalah dekat kampus, desain tempat yang sesuai misalnya, minimalis, Instagramable, dan cozy untuk kerja kelompok.

Baca juga: Kredit Modal Kerja dan Pinjaman Dana Online, Limit bisa Sampai Rp500 Juta, Pinjol Tanpa Agunan dengan Tenor 3 Tahun

4. Menentukan Konsep Kedai Kopi AndaKedai kopi sekarang ada banyak banget, biar bisa bertahan dan bersaing kedai kopi kamu harus punya sesuatu yang unik dan beda dari yang lain.

Bisa dari segi desain tempat, menu, interior, nama menu, dan lainnya, misal menggunakan konsep monokrom.Jadi warna bangunan, furnitur, dekorasi, mesin kopi, dan lainnya berwarna hitam, putih, dan abu-abu tua.

Jadi kelihatan sedikit berbeda karena kebanyakan tempat saat ini konsepnya minimalis dan serba putih.Untuk furnitur, pertimbangkan menggunakan barang second yang masih layak pakai dan bisa diperbaiki.

Baca juga: Pinjam Uang di Pinjol FLIP Langsung Cair Tanpa KTP, Aplikasi Pinjaman Online NO Bunga NO Agunan
Selain itu, nama menu juga bisa kamu bikin lebih unik, dan biasanya setiap kedai kopi punya signature menu sendiri.

Nah, buat agar signature menu ini benar-benar unik dan enak, kamu juga bisa menentukan, kedai kopi milikmu menjual apa saja.Apakah hanya berbagai menu kopi, atau dengan camilan seperti pastry misalnya.

Apapun konsep kedai kopi yang ingin kamu gunakan, pastikan berbeda dari konsep pada umumnya.Dengan begitu, pelanggan yang datang ke kedai kopi kamu pun akan mendapatkan pengalaman “ngopi” yang berbeda.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 104247
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini