PENTING! 9 Alasan Masuk SMA untuk MPLS 2022? Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu

×

PENTING! 9 Alasan Masuk SMA untuk MPLS 2022? Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu

Bagikan berita
Apa Alasan Masuk SMA setelah Mengikuti MPLS 2022, Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu (pexels)
Apa Alasan Masuk SMA setelah Mengikuti MPLS 2022, Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu (pexels)

Jika dibandingkan dengan anak SMK maka peluang untuk diterima ketika mengikuti SNMPTN dan SBMPTN lebih tinggi. Pasalnya anak SMA sudah terbiasa disiplin dalam belajar dan memiliki daya saing yang tinggi antar siswa. Ini juga yang menjadi salah satu alasan masuk SMA.

7. Lebih Fokus pada Bidang yang Disukai

Lulusan SMA bisa melanjutkan ke kampus dengan jurusan yang diminati. Para siswa juga akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan program studi yang diambil saat kuliah. Pasalnya sejak SMA telah terbiasa mendapatkan banyak materi di sekolah.Contohnya lulusan anak IPA bisa mengambil program studi pendidikan kedokteran, teknik, ilmu komputer, farmasi dan lain sebagainya. Lulusan IPS bisa memilih jurusan yang mengedepankan kemampuan komunikasi maupun sosial. Misalnya jurusan sejarah, ekonomi, psikologi, ilmu budaya, sastra dan lain-lain.

8. Biaya Lebih Ringan

Biaya yang dibutuhkan untuk bersekolah di SMA tentu lebih murah jika dibandingkan SMK. Pasalnya di SMK banyak praktek sehingga memerlukan biaya yang lebih banyak. Di sisi lain, masih harus membayar uang setiap semesternya. Hal ini yang mempertegasalasan masuk SMA dari para orangtua.

Di SMA, siswa hanya cukup membayar uang semester saja tanpa ada tambahan untuk kerja praktek. Dengan demikian, orang tua bisa lebih menghemat pengeluaran. Uang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti membeli buku penunjang belajar dan lain sebagainya.Tempat belajar anak SMA hanya dilakukan di lingkungan sekolah saja baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian, tidak memerlukan uang tambahan untuk pergi ke lapangan atau ke luar kota untuk melakukan praktek di perusahaan maupun industri.

Berbeda jika mengambil pendidikan di SMK maka pembelajaran tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah saja. Namun, pembelajaran juga dilakukan di industri untuk mempraktekkan secara langsung ilmu yang diperoleh di kelas.

9. Prospek Lulusan SMA

Lulusan SMA memang sengaja dipersiapkan untuk kuliah setelah berhasil menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun. Ilmu yang dipelajari memang masih umum sehingga perlu diperdalam ketika masuk perguruan tinggi nantinya. Inilah alasan masuk SMA yang banyak diperbincangkan.Kelebihan lainnya adalah siswa bisa mengambil program studi yang tidak sesuai dengan jurusannya. Artinya, lulusan IPA bisa menyebrang mengambil program studi IPS jika tidak cocok dengan jurusannya ketika di SMA.

Contohnya ketika si A adalah siswa jurusan IPA bisa mengambil jurusan yang berkaitan dengan IPS ketika kuliah. Jurusan IPS lebih mempelajari berbagai ilmu sosial dan humaniora. Beberapa contohnya seperti mengambil jurusan ilmu politik, ekonomi, bisnis dan lain-lain.Banyak keunggulan mengapa setelah SMP siswa harus memilih melanjutkan di SMA. Jika dilihat dari berbagai sisi memang sekolah di SMA lebih murah biayanya sehingga tidak memberatkan.

Nah, demikian 9 alasan mengapa masuk SMA setelah mengikuti kegiatan MPLS di sekolah yang kami rangkum sebagai inspirasi.(KK)

universitas123.com, smadwiwarna.co.icArtikel Terkait:

https://www.klikkoran.com/41-teka-teki-mos-mpls-tentang-buah-dan-minuman-lucu-saat-ospek-serta-jawabannya/?amp

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 98029
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini