PENTING! 9 Alasan Masuk SMA untuk MPLS 2022? Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu

×

PENTING! 9 Alasan Masuk SMA untuk MPLS 2022? Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu

Bagikan berita
Apa Alasan Masuk SMA setelah Mengikuti MPLS 2022, Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu (pexels)
Apa Alasan Masuk SMA setelah Mengikuti MPLS 2022, Jadikan Ini Inspirasi Jawaban Kamu (pexels)

9 Alasan masuk SMA setelah mengikuti MPLS 2022 dengan Motivasi sebagai berikut:

1. Fasilitas yang Disediakan

Suatu SMA bisa menjadi begitu populer di masyarakat biasanya dikarenakan prestasi yang didapatkan oleh siswanya. Dimana prestasi yang didapatkan tidak hanya di tingkat kabupaten atau kota saja melainkan juga di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Prestasi yang didapat bisa dalam bidang akademik maupun non akademik.Prestasi-prestasi yang didapatkan siswa tidak terlepas dari fasilitas penunjang pendidikan yang disediakan oleh sekolah. Tidak mengherankan jika SMA yang kamu tuju pasti akan menyediakan fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, berbagai laboratorium, sarana olahraga, kantin dan sebagainya.

2. Ekstrakurikuler yang Dimiliki

Kamu bisa masuk di SMA favorit tidak hanya melalui jalur prestasi akademik aja, melainkan juga melalui prestasi non akademik. Prestasi non akademik yang dimaksud seperti prestasi di bidang olahraga, di bidang seni dan sebagainya. Salah satu alasan kenapa siswa ingin sekolah di SMA favorit karena ingin mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki.

SMA favorit pasti akan mendukung siswanya untuk memaksimalkan bakat dan minat yang dimiliki. Salah satu bentuk dukungannya yaitu dengan membuka ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang ada di SMA favorit bisa menjadi daya tarik siswa untuk masuk di sekolah tersebut supaya bisa lebih berprestasi.

Baca Juga: Jajanan Bintang Selanjutnya Teka-teki TTS tentang Makanan Apa Itu? Ini Penjelasannya

3. Lebih Banyak Mempelajari Teori

Siswa SMA tidak dipersiapkan untuk terjun langsung di dunia kerja. Oleh karena itu, tidak heran jika mata pelajaran yang diajarkan lebih banyak teori yang bersifat umum dan masih luas. Apabila ingin memperdalam salah satu bidang harus melanjutkan terlebih dahulu ke perguruan tinggi.

Lain cerita jika melanjutkan di SMK maka mata pelajaran yang diajarkan lebih banyak prakteknya. Hal ini memang sengaja dipersiapkan agar siswa setelah lulus langsung kerja. Jarang dijumpai siswa SMK yang kuliah meskipun tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

4. Materi Pembelajaran Lebih Luas

Alasan masuk SMA karena terdapat 3 jurusan yang bisa dipilih, yaitu IPA, IPS dan bahasa. Masing-masing jurusan mempelajari materi secara luas dan lebih detail. Ketiga jurusan tersebut mempelajari banyak aspek.Misalnya untuk jurusan IPA mempelajari materi yang berkaitan dengan biologi, kimia dan fisika. Jurusan IPS aspek pembelajarannya mencakup sejarah, akuntansi, sosiologi, ekonomi dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk jurusan Bahasa lebih mendalami tentang sastra bahasa Indonesia maupun bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Korea dan lain-lain.

Berbeda dengan SMK yang hanya fokus pada jurusan yang dipilih saja. Misalnya pada jurusan tata boga hanya mempelajari berbagai resep masakan meskipun di dalamnya diselipkan berberapa materi tambahan.

5. Memiliki Banyak Waktu untuk Mengikuti Organisasi

Alasan masuk SMA karena biasanya banyak memiliki organisasi dan ekstrakurikuler. Dalam hal ini siswa dituntut untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS maupun ekstrakurikuler. OSIS menjadi wadah bagi para siswa untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan semua civitas akademik. Selain itu, sekaligus sebagai sarana melatih mental agar bisa lancar berbicara di depan umum.Mengikuti ekstrakurikuler juga memiliki peranan penting karena bisa memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman. Di samping itu, siswa juga lebih terampil di bidang yang digeluti dan bisa meningkatkan kreativitas.

Baca Juga: Daftar Susunan Acara MPLS SD, SMP, SMA 2022 dan Teks MC

6. Potensi Diterima Kuliah Lebih Tinggi

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 98029
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini