Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84 86 87 88 89 90, Subtema 3 Pembelajaran 1

×

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84 86 87 88 89 90, Subtema 3 Pembelajaran 1

Bagikan berita
Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84 86 87 88 89 90, Subtema 3 Pembelajaran 1Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 93 94 96 97, Subtema 3 Pembelajaran 2Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 101 dan 102, Subtema 3 Pembelajaran 3Kunci Jawaban Kela
Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84 86 87 88 89 90, Subtema 3 Pembelajaran 1Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 93 94 96 97, Subtema 3 Pembelajaran 2Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 101 dan 102, Subtema 3 Pembelajaran 3Kunci Jawaban Kela

Saat Udin dan teman-temannya mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah, ada pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembacaan teks pembukaan Undang Undang Dasar 1945 tersebut diucapkan dengan lantang oleh salah satu peserta didik sebagai petugas upacara. Seluruh peserta upacara mendengarkan dengan hikmat dan penuh perhatian.Dalam teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tertulis tujuan negara yang salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum. Hal ini berarti negara memiliki tujuan dan harapan kehidupan masyarakat yang sejahtera. Negara selalu berupaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa yang mendorong untuk mencapai masyarakat sejahtera.

Banyak upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Upaya yang ditempuh tidak hanya dilakukan oleh negara, namun harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mengembangkan sikap saling toleransi antar warga negara atas perbedaan masing-masing. Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku, budaya dan agama. Untuk itu setiap warga negara harus saling menghormati dan menghargai, karena beragam suku, budaya dan agama merupakan kekayaan budaya Indonesia.Pemerataan pembangunan juga menjadi upaya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia. Pembangunan tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar saja, namun diratakan hingga ke pelosok dan perbatasan wilayah negara Indonesia. Memperbanyak lapangan kerja dan memperbaiki fasilitas umum akan membuat masyarakat Indonesia lebih nyaman dan sejahtera karena pengangguran akan semakin berkurang dan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.

Selain itu, masyarakat juga harus taat dan patuh membayar pajak. Pajak digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Jadi membayar pajak adalah upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 89

Ayo MenulisKamu telah mengetahui tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Sekarang lakukan identifikasi tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Tuliskan hasilnya menggunakan bahasa dan kalimatmu sendiri.

Jawaban:Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

1. Saling toleransi antarwarga negara atas perbedaan masing-masing.2. Saling menghormati antarindividu walaupun bertentangan.

3. Meratakan pembangunan ke seluruh pelosok negeri.4. Membayar pajak tepat waktu yang nantinya juga berguna bagi kesejahteraan bersama.

5. Memperbaiki fasilitas umum agar penggunannya menjadi aman dan nyaman.6. Memperbanyak lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran

Dalam setiap upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia seperti yang diikuti oleh Udin dan teman-teman di sekolah, pasti ada pembacaan teks Proklamasi oleh pembina upacara. Salah satu makna proklamasi kemerdekaan adalah memberikan arah dan kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang sejahtera dengan kekuasaan serta menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 90

Ayo MencobaCobalah melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang ada di sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera. Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 42257
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini