Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3

Ă—

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3

Bagikan berita
Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 14 15 16 17 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 3

Para perempuan di Kampung Wonorejo dan Kampung Kibay juga saling bertukar pengetahuan antara perempuan Papua dan perempuan transmigrasi yang berasal dari Jawa. Para perempuan Jawa mengajarkan perempuan Papua cara membuat kue dari bahan tepung singkong dan cara membuat sayur dari batang pohon pisang. Sebelumnya orang Papua, selalu membuang batang pohon pisang yang sudah ditebang. Berkat pengetahuan dari perempuan Jawa, kini mereka memanfaatkan batang pisang menjadi sayur yang lezat.Penduduk asli Papua dan warga transmigran saling bertoleransi. Mereka saling menghormati perbedaan agama maupun budaya. Mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dijaga. Para penduduk bisa hidup rukun berdampingan sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai, tenteram, hidup rukun berdampingan.Oleh: Nirwasita

Diolah dari: https://www.kompasiana.com/spiritofpapua/migrasi-dan-perempuan-dalam-keragaman-kampung-won orejo_56990c2ff67e61f40a27f392

Kunci JawabanTema 6 Kelas 6 Halaman 19

Ayo BerlatihA. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!

1. Apa judul bacaan di atas?Jawaban:

Bacaan tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”.2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Jawaban:Kata kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan suku, agama, dan budaya.

3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?Jawaban:

- Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan. - Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.

- Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 42130
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini