Jangan Sampai Salah Paham! Inilah Pengertian dan Perbedaan Antara RAM dan ROM

×

Jangan Sampai Salah Paham! Inilah Pengertian dan Perbedaan Antara RAM dan ROM

Bagikan berita
Pengertian dan Perbedaan Antara RAM dan ROM
Pengertian dan Perbedaan Antara RAM dan ROM

Perbedaan mendasar dari RAM dan ROM yaitu, RAM adalah Read-Write yang berarti dapat dibaca dan ditulis, sedangkan ROM hanya dapat dibaca atau Read Only.Dari segi jangka waktu penyimpanan data, RAM hanya menyimpan data sementara, yang berarti hanya dapat menyimpan data jika komputer dalam keadaan menyala.

Jika komputer dimatikan, maka data dalam RAM akan terhapus.Sedangkan ROM dapat menyimpan data secara permanen.

Permanen berarti dapat menyimpan data meskipun komputer sudah dimatikan.RAM disebut juga Volatile Memory, yaitu memori yang dapat dibaca tulis, tetapi sifatnya hanya sementara, selama masih teraliri arus listrik.

Sedangkan ROM disebut juga Nonvolatile Memory, yaitu memory yang hanya dapat dibaca tetapi sifatnya permanen, dan akan terus menyimpan data meskipun aliran listrik terputus.Seperti yang sudah dijelaskan diatas, data dalam RAM bisa langsung diakses oleh CPU, sedangkan ROM tidak bisa, tetapi harus dikirim terlebih dahulu ke RAM.

Dari segi modifikasi data, data di dalam RAM dapat dimodifikasi atau diubah tergantung proses yang akan dilakukan, sedangkan data dalam ROM tidak dapat dimodifikasi dengan mudah, melainkan harus dengan prosedur yang benar.Dari segi harga, bisa dibilang RAM memang cukup mahal dibanding media penyimpanan lainnya.

Untuk RAM berkapasitas 4gb, berkisar Rp200.000 an, tergantung jenisnya.Dengan budget segitu, kita bisa mendapatkan penyimpanan lain seperti hardisk, berkapasitas sekitar 500gb, dengan kualitas yang standard.

Bayangkan jika ada RAM dengan kapasitas 500gb! Berapa kira kira harganya? Tentu sangat mahal.Lain halnya dengan ROM. ROM tidak terjual terpisah seperti RAM komputer. ROM biasanya terdapat dalam motherboard yang sudah terisikan program BIOS.

KesimpulanRAM dan ROM sama-sama pentingnya dalam sebuah komputer.

RAM digunakan untuk menyimpan data dari ROM yang akan diproses dan ROM digunakan untuk menyimpan data yang akan digunakan dalam proses booting komputer.Demikian informasi mengenai Pengertian dan Perbedaan Antara RAM dan ROM.

Semoga bermanfaat.(kk) 

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 34662
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini