20 Link Twibbon Hari Aids Sedunia 1 Desember 2021: Posting Story IG, WA, FB

×

20 Link Twibbon Hari Aids Sedunia 1 Desember 2021: Posting Story IG, WA, FB

Bagikan berita
foto : liputan6
foto : liputan6

Simbol tersebut bertujuan ntuk menunjukkan simpati bagi orang penderita HIV, komunitas tersebut kemudian memutuskan penggunaan Pita Merah.Tidak asal pilih, karena simbol Pita Merah terinspirasi oleh pita kuning untuk menghormati tentara Amerika Serikat yang gugur perang.

Mereka kemudian memilih pita merah untuk mengenang mereka yang telah meninggal karena HIV dan Aids.Disisi lain, juga digunakan sebagai lambang dukungan solidaritas bagi penderita HIV dan mereka yang hidup bersama penyakit tersebut.

Kenapa memilih tanggal 1 Desember?

Dikutip dari HIV Alliance, pemilihan tanggal 1 Desember untuk memperingati Hari Aids adalah karena dinilai sebagai tanggal cantik.

James W. Bunn dan Thomas Netter adalah tokoh yang menetapkan tanggal tersebut, mereka berharap juga peliputan media dapat dimaksimalkan.Pemakaian pita merah biasanya disematkan di bagian atas pakaian, berkaitan dengan dukungan pengidap HIV/AIDS.

Warna merah  sendiri dipilih karena dianggap berhubungan dengan cinta dan gagasan gairah, dalam kampanyenya pada 1991.Penggunaannya, disebut ampuh untuk melawan persepsi buruk masyarakat awam terhadap penyakit HIV dan Aids.

Simbol tersebut bahkan digunakan lebih dari 100.000 orang selama Konser Penghormatan Kesadaran AIDS Freddie Mercury, Inggris.Lebih dari satu miliar orang di lebih dari 70 negara, di seluruh dunia menonton acara tersebut melalui televisi.

Termasuk para selebritas pada masa itu, yang ramai mengenakan pita merah sebagai bentuk dukungan yang datang dari Putri Diana. 

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 32037
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini