Daftar Tren Teknologi Pembelajaran Terbaru - Dari e-Learning sampai Social Media in Learning

×

Daftar Tren Teknologi Pembelajaran Terbaru - Dari e-Learning sampai Social Media in Learning

Bagikan berita
Daftar Tren Teknologi Pembelajaran Terbaru - Dari e-Learning sampai Social Media in Learning
Daftar Tren Teknologi Pembelajaran Terbaru - Dari e-Learning sampai Social Media in Learning

Learning Analytics (analisis pembelajaran)Adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data tentang peserta didik dan pembelajaran, bertujuan untuk memahami dan mengoptimalkan proses pembelajaran serta lingkungan sekolah.

Dengan menggunakan berbagai informasi yang ada di sekolah seperti karakter siswa, cara guru mengajar, kesulitan materi pelajaran, kepemimpinan kepala sekolah, dan lain-lain. Analisis ini dilakukan untuk dapat menentukan langkah selanjutnya agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.Gamification

Adalah pembuatan elemen game kedalam kegiatan bukan game. Game merupakan hal yang dapat menarik perhatian seseorang, baik anak-anak bahkan orang dewasa suka dengan game. Karena itu banyak produk game yang dibuat untuk meningkatkan motivasi seseorang baik yang berhubungan dengan pendidikan, kesehatan, industri, dan lain lain.Saat ini banyak materi pelajaran yang sudah dibuat dalam bentuk game. Hal ini dilakukan agar siswa dapat dengan mudah mengerti konsep dari materi yang sedang diajarkan oleh guru.

Augmented Reality dan Virtual RealityAugmented Reality dan Virtual Reality adalah teknologi digital yang dapat menghubungkan antara dunia nyata dan dunia maya. Dengan memanfaatkan AR dan VR maka proses pembelajaran akan menyenangkan karena siswa dapat melihat sesuatu yang abstrak dan dapat mengunjungi suatu tempat.

Contoh dengan menggunakan teknologi AR maka siswa dapat melihat tengkorak atau bagian tubuh lainnya secara langsung menggunakan handphone, contoh lainnya dengan menggunakan teknologi VR siswa dapat berkunjung ke suatu tempat sambil melihat lihat lingkungan disekitarnya.STEAM (Science, Technology, Engineering, The Art, Mathematics)

Ini adalah pendekatan dalam dunia pendidikan yang menggunakan Science, Technology, Engineering, The Art, Mathematics sebagai acuan untuk membimbing siswa memiliki rasa ingin tahu, menyampaikan pendapat, dan berpikir kritis.Dengan menerapkan pendekatan STEAM maka siswa akan belajar secara kontekstual dan holistik karena siswa diajak untuk berpikir dan menghubungkan antara konsep Science, Technology, Engineering, The Art, Mathematics terhadap suatu materi yang sedang dipelajari. Hal ini dapat memperluas pengetahuan siswa dan membuat suatu materi menjadi lebih mudah dipahami.

Social Media in LearningLayanan ini memanfaatkan sosial media yang ada seperti blog, youtube, twitter, instagram, whatsApp, tiktok dan lainnya akan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

Banyak guru dan dosen yang sudah memanfaatkan sosial media untuk proses pembelajaran baik memberikan materi atau menjadi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan mahasiswa.Demikian informasi mengenai Daftar Tren Teknologi Pembelajaran Terbaru - Dari e-Learning sampai Social Media in Learning.

Semoga bermanfaat.(kk)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 31266
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini