Masa Depan yang Dinantikan Banyak Orang “METAVERSE” Gaya Hidup Baru Pasca Pandemi Melanda Dunia

×

Masa Depan yang Dinantikan Banyak Orang “METAVERSE” Gaya Hidup Baru Pasca Pandemi Melanda Dunia

Bagikan berita
Masa Depan yang di Nantikan Banyak Orang “METAVERSE” Gaya Hidup Baru Pasca Pandemi Melanda Dunia
Masa Depan yang di Nantikan Banyak Orang “METAVERSE” Gaya Hidup Baru Pasca Pandemi Melanda Dunia

Metaverse juga disebut sebagai mirror world, AR cloud, magic verse, internet spasial atau live maps.Kata “metaverse” merupakan penggabungan dua kata dari awalan “meta” berarti di luar dan “universe” atau alam semesta.

Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan konsep interaksi internet masa depan, terdiri dari ruang virtual 3D yang sangat detil, kemudian dihubungkan ke dunia virtual yang dirasakan.Harusnya metaverse bukanlah hal baru, seiring dengan perkembangan teknologi audio, televisi, game interaktif hingga teknologi VR AR, hal tersebut sebenarnya sudah menjadi bagian aktivitas di dalam metaverse.

Hanya saja, selama ini realita tersebut baru terperangkap di dalam perangkat pintar setiap pribadi.Teknologi AR memungkinkan realita virtual hadir pada dunia nyata.

Dengan kata lain, AR mendorong metaverse makin nyata.Maka tidak berlebihan jika nantinya metaverse adalah bagian dari kehidupan kita, seperti layaknya smartphone saat ini.

Metaverse adalah Masa DepanSiapa yang menyangka jika asal kata metaverse justru berasal dari novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson berjudul Snow Crash, yang dirilis tahun 1992.

Ya, tahun 1992. Tahun dimana telepon selular masih sangat jarang dimiliki orang, Tahun dimana PC masih belum populer dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu.Pembaca novel Snow Crash tentu tidak akan menyangka jika konsep metaverse yang merupakan sebuah ide fiksi dapat benar-benar terjadi.

Jika dilihat dari sudut pandang novel Snow Crash, manusia sekarang sudah berada di masa depan.Metaverse adalah masa depan yang dinantikan banyak orang.

Bagi Anda yang lahir 1990an dan menikmati perkembangan Facebook, Google, dan Microsoft, pencapaian metaverse memang benar-benar tidak bisa terhindarkan.Tentu pencapaian metaverse bukan cuma kebanggaan kosong yang tidak memberikan dampak.

Metaverse berpotensi menghadirkan peluang pasar baru, jenis jaringan sosial baru, perangkat baru, software baru, hingga hak paten baru.Sudah pasti peluang bisnis juga dapat bertumbuhan bagaikan jamur di musim hujan.

Metaverse dalam GenggamanSelain sebuah pencapaian, metaverse adalah gaya hidup baru bagi manusia dalam berinteraksi, bekerja hingga bersosialisasi.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 30972
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini