Penyebab Formasi Guru Tidak Lulus CPNS: Peringati Hari Guru Nasional 25 November 2021

×

Penyebab Formasi Guru Tidak Lulus CPNS: Peringati Hari Guru Nasional 25 November 2021

Bagikan berita
Ilustrasi CPNS 2022 yang membuka pendaftaran PPPK pada 31 Oktober 2022. (Foto: freepik)
Ilustrasi CPNS 2022 yang membuka pendaftaran PPPK pada 31 Oktober 2022. (Foto: freepik)

  • Matematika
Selanjutnya beralih pada penyebab kegagalan saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilakukan, usai tahap administrasi diselesaikan.

Materi SKD adalah tentang Kewarganegaraan, Intelegensia Umum atau yang dikenal dengan Matematika dasar dan Potensi Akademik.Kewarganegaraan adalah satu-satunya materi hapalan yang mencerminkan kecintaan peserta terhadap tanah air, cukup jadi materi sulit.

Tapi bisa diakali, dengan penghapalan yang kuat serta penerapan contoh dan poin pentingnya terhadap pengaplikasiannya di masyarakat.Sementara Potensi Akademik adalah jenis psikotest dengan tahap kesempurnaan maksimal, hasil yang bagus diperoleh dengan banyak latihan.

Tapi berbeda dengan matematika dasar atau TIU, jenis soal yang ditawarkan disini tergolong tidak sulit tapi rumit dan membingungkan.Menurut pengalaman, jika tidak memiliki basic matematika dasar yang kuat maka akan susah untuk meraih nilai maksimal pada poin ini.

  • Nilai tinggi
Selain bersaing dengan poin tertinggi, ada banyak peserta lain yang mungkin meraih poin yang jauh lebih tinggi dari kita.

Akibatnya, banyak peserta yang gagal pada tahap akhir karena perhitungan poin penilaian yang tidak jauh berbeda nilainya.Misalnya saja peserta yang lulus hingga tahap akhir memperoleh nilai 9,5 sementara peserta lain yang masuk tahap final memperoleh nilai 9,4.

Atau bahkan perbedaan nilai berada pada 0,00 sekian saja, tapi nilai tertinggi lah yang sudah pasti akan diloloskan.

  • Finalisasi

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 29570
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini