Daftar, Profil dan Biodata Pahlawan Nasional dari Provinsi Aceh

×

Daftar, Profil dan Biodata Pahlawan Nasional dari Provinsi Aceh

Bagikan berita
pahlawan-nasional-dari-provinsi-aceh-ist
pahlawan-nasional-dari-provinsi-aceh-ist

Cut Nyak MutiaCut Nyak Mutia adalah seorang pejuang perempuan pada masa Kesultanan Aceh Darussalam.

Ia lahir di Keureutoe, Aceh Utara, pada 15 Februari 1870.Semasa hidupnya, Cut Meutia berjuang bersama pasukan Inong Balee melawan penjajah Belanda.

Ia gugur dalam pertempuran dengan pasukan Belanda di Alue Kurieng, Aceh Utara, pada 24 Oktober 1910.Ia menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964.

Pada Desember 2016, Pemerintah Republik Indonesia, mengabadikannya dalam pecahan uang kertas rupiah baru Republik Indonesia, pecahan Rp1.000.Teungku Chik di Tiro

Teungku Chik di Tiro Muhammad Saman lahir di Tiro, Pidie, pada 1 Januari 1836.Ia merupakan seorang ulama Aceh yang berjuang melawan penjajah Belanda.

Beliau adalah tokoh yang kembali menggairahkan Perang Aceh pada tahun 1881 setelah menurunnya kegiatan penyerangan terhadap Belanda.Teungku Chik di Tiro membangkitkan semangat perlawanan rakyat Aceh dengan berjihad dalam Prang Sabi.

Beliau gugur pada Januari 1891 di Aneuk Galong, Aceh Besar. Makamnya terletak di Manggra, Indrapuri, Aceh Besar.Sultan Iskandar Muda

Paduka Seri Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam atau Sultan Iskandar Muda lahir tahun 1583 di Bandar Aceh Darussalam.Semasa ia menjadi sultan, Kesultanan Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaannya.

Sultan Iskandar Muda telah berhasil menyatukan seluruh wilayah semenanjung tanah Melayu di bawah panji kebesaran Kerajaan Aceh Darussalam.Selama lebih kurang 30 tahun masa pemerintahannya, yaitu (1606-1636 M) dia telah berhasil membawa Kerajaan Aceh Darussalam ke atas puncak kejayaannya, hingga mencapai peringkat kelima di antara kerajaan Islam terbesar di dunia.

Sultan Iskandar Muda wafat pada tahun 1636 M dan makamnya terletak dalam komplek Kandang Mas di Banda Aceh yang telah pernah dihancurkan Belanda.Pemerintah Republik Indonesia mengangkat Sultan Iskandar Muda sebagai Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden No. 077/TK/Tahun 1993 tanggal 14 September 1993.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 28056
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini