Resep dan Cara Buat Kue Bulan atau Mooncake Tradisi China

×

Resep dan Cara Buat Kue Bulan atau Mooncake Tradisi China

Bagikan berita
Resep dan Cara Buat Kue Bulan atau Mooncake Tradisi China
Resep dan Cara Buat Kue Bulan atau Mooncake Tradisi China

Pastikan kuning telur tersebut sudah dingin sebelum Anda melanjutkan proses pembuatan kue bulan. Bagi setiap kuning telur menjadi dua.

  • Setelah kuning telur kering, taruh di mangkuk dan campur dengan anggur masak (cooking wine). Keluarkan dari mangkuk dan biarkan mengering. Anda juga bisa mengeringkannya dengan tisu dapur.

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Sambil menunggu oven dipanaskan, bagi pasta biji teratai atau kacang merah menjadi 12 bagian sama banyak dan bentuk menjadi bola.


Pisahkan adonan menjadi 12 bagian sama besar.
 Bentuk adonan menjadi bulat lalu pipihkan.

Baca juga : Masakan Idul Adha: Resep Opor Ayam Bumbu Kuning

Bentuk kue bulan. 

Setiap kue bulan terdiri dari satu bulatan adonan kulit, satu bulatan pasta biji teratai atau kacang merah, dan setengah kuning telur yang telah diasinkan.

Buat lubang pada pasta biji teratai atau kacang merah, lalu taruh kuning telur di dalamnya. Buat agar kuning telur terbungkus seluruhnya oleh pasta biji teratai atau kacang merah.

  • Ulangi proses ini, bungkus bulatan pasta biji teratai atau kacang merah (dengan kuning telur di dalamnya) dengan adonan kulit.
  • Ulangi seluruh proses ini untuk setiap kue bulan. Anda akan mendapatkan 12 kue bulan.

Semprot cetakan kue bulan dengan semprotan antilengket (nonstick spray). 

Tekan dengan lembut masing-masing kue bulan ke dalam cetakan. Keluarkan kue bulan dari cetakan, lalu taruh di loyang datar (baking sheet). Masukkan semua kue bulan tersebut ke dalam oven, dan tunggu 10-12 menit.

  • Saat kue bulan dipanggang, buat olesan telur. Kocok putih dan kuning telur, lalu saring.
  • Keluarkan kue bulan dari oven setelah kira-kira 5 menit lalu olesi dengan telur yang sudah dikocok tadi. Masukkan kembali kue bulan ke dalam oven sampai warnanya cokelat keemasan.

(sumber : wikihow)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 25688
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini