Tahapan Memulai Kehidupan Baru dan Melupakan Masa Lalu

×

Tahapan Memulai Kehidupan Baru dan Melupakan Masa Lalu

Bagikan berita
Tahapan Memulai Kehidupan Baru dan Melupakan Masa Lalu
Tahapan Memulai Kehidupan Baru dan Melupakan Masa Lalu
  • Anda juga bisa mendapat dukungan dari sosok otoritas dalam hidup, seperti guru.
  • Mintalah saran dari guru jika Anda mempercayainya, lalu ikuti saran tersebut.
  • Hubungan baik dengan guru juga dapat membantu saat hidup Anda sudah lebih baik, di antaranya saat Anda memerlukan surat referensi kerja atau kuliah.

Baca juga : Tips Move On dan Self Healing dari Jessica Iskandar (Jedar)

3. Hindari orang berpikiran negatif. 

Jauhi teman yang memberi pengaruh buruk dalam hidup. Jika teman Anda tidak ingin memulai hidup baru, mereka mungkin menarik Anda ke kebiasaan lama yang menyebabkan masa lalu Anda kelam.

Teman-teman tersebut juga mungkin menghina usaha Anda untuk memulai hidup baru. Abaikan mereka, dan berfokuslah untuk memperbaiki hidup.

  • Pastikan Anda memiliki teman yang bisa mendukung Anda selama transisi.

4. Hadapi masalah secara perlahan. 

Pastikan Anda menulis "menjalani hidup selama sehari" dalam target. Di awal hari, perhatikan jadwal Anda untuk hari tersebut, hal apa saja yang harus Anda jalani, dan persiapan apa yang harus Anda lakukan.

Di akhir hari, pikirkan tentang hari yang baru saja berlalu dan kemajuan yang Anda buat. Jika kemajuan tersebut tidak sebesar yang Anda perkirakan, bukan masalah! Yang penting, Anda sudah mencoba.

  • Masa lalu Anda yang kelam mungkin berlangsung selama bertahun-tahun.
  • Karena itu, perubahan mungkin tidak akan terjadi dengan cepat, baik saat Anda mengubah kebiasaan buruk maupun meninggalkan situasi buruk yang diciptakan orang lain (seperti hubungan penuh kekerasan).
  • Kebiasaan buruk, kelakuan buruk, dan pertahanan diri terhadap stres memerlukan waktu untuk berkembang dan berganti menjadi kegiatan alternatif yang positif

5. Bertanggungjawablah terhadap diri sendiri. 

Anda memiliki kontrol langsung terhadap pemikiran, emosi, perilaku, dan hidup Anda. Putuskan untuk mengikuti target dan memperbaiki hidup.

Pilih kegiatan yang akan Anda lakukan selanjutnya secara aktif. Setiap pagi, bercerminlah, dan katakan "Aku mengontrol hidupku. Keputusanku hari ini adalah demi hari esok yang lebih baik" dengan percaya diri.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 25224
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini