Sejarah Haornas bertajuk DBON 2021

×

Sejarah Haornas bertajuk DBON 2021

Bagikan berita
Sejarah Haornas bertajuk DBON 2021
Sejarah Haornas bertajuk DBON 2021

Dalam DBON, juga ditegaskan terdapat 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk bisa meraih medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade.

Kerangka pembinaannya pun mengacu pada DBON. Zainudin Amali memastikan bahwa DBON ini menjadi fondasi olahraga Indonesia.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 9 September. Keputusan penetapan Haornas didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.

Pasal 1 ayat (1) berbunyi, tanggal 9 September ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional. Sementara pasal 1 ayat (2) berbunyi, Hari Olahraga Nasional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) bukan merupakan hari libur.

Hari Olahraga Nasional merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga.

Dikutip dari laman resmi Dispora Provinsi Sumatera Utara, Penetapan Haornas dilatarbelakangi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama.

PON pertama diselenggarakan pada 9-12 September 1948 di Surakarta, Jawa Tengah. Pada 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai peringatan Haornas oleh warga Indonesia.

Pesta olahraga tersebut secara resmi dibuka oleh Presiden Soekarno dan ditutup oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (Kori), Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Baca juga : Pertahankan Imun Dan Kebugaran, Anggota Kodim Lakukan Olahraga Rutin

Kota Surakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan karena terdapat sarana olahrga yang dianggap telah memenuhi syarat.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 25079
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini