Kader PKK Diharapkan Mampu Cegah Penyebaran Covid-19

×

Kader PKK Diharapkan Mampu Cegah Penyebaran Covid-19

Bagikan berita
Kader PKK Diharapkan Mampu Cegah Penyebaran Covid-19
Kader PKK Diharapkan Mampu Cegah Penyebaran Covid-19

Ia berharap sosialisasi yang diikuti Pengurus TPPKK kabupaten, Ketua TPPKK Kecamatan dan Kepala Puskesmas, ketua Pokja IV TPPKK kecamatan se Tanah Datar ini agar diikuti dengan serius.

Pada materi yang disampaikan Rika Andalisa, SKM Ketua Bidang Pokja IV TPPKK Tanah Datar disebutkan GKSTTB juga bertujuan mengedukasi masyarakat guna mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program nagari contoh atau pilot project tersebut.

“Pemilihan nagari sebagai pilot project ini dilakukan secara berjenjang dari tingkat provinsi, hingga daerah dan sesuai dengan kondisi, potensi serta permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah berdasarkan identifikasi kriteria pada indikator data awal dan target capaian,”ucapnya.

Sementara Sri Mulyati, SKM, MKM Ketua Pokja IV menyampaikan sekaitan laporan manual pilot project atau model gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.

Karena ini sangat penting untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan pilot project dan sebagai bahan masukan untuk menentukan tindak lanjut pelaksanaan pada semester selanjutnya.

“Ruang lingkup data laporan manual meliputi data dukung atau data umum yang dimonitor dan data pilot project KSTTB, seperti peduli stanting, menuju PHBS, peduli KIA, siaga kebakaran lingkungan, tanggap dan tangguh bencana alam, peduli lingkungan, menuju keluarga sehat berkualitas, menuju keuangan sehat dan mewujudkan keluarga sehat,”ulas Sri.

Hal senada juga disampaikan pemateri Desrina Muryanti, S.SiT Sekretaris Pokja IV bahwa pilot project ini mencakup beberapa aspek seperti KSTTB siaga kebakaran lingkungan, KSTTB siaga bencana alam dan KSTTB peduli lingkungan.

Untuk siaga kebakaran lingkungan ini data yang dimonitor seperti jumlah kasus kebakaran rumah tangga, jumlah kebakaran non rumah tangga.

Jumlah rumah tangga yang memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau instalasi air untuk antisipasi kebakaran, jumlah rumah semi permanen dan rumah kayu.

Jumlah rumah yang memiliki kotak P3K, jumlah kasus kecelakaan rumah tangga dan jumlah instalasi air atau hydrant antisipasi kebakaran.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 25011
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini