Kanker Payudara Dialami Perempuan Sekitar 24,4 per 100 Ribu Penduduk

×

Kanker Payudara Dialami Perempuan Sekitar 24,4 per 100 Ribu Penduduk

Bagikan berita
Kanker Payudara Dialami Perempuan Sekitar 24,4 per 100 Ribu Penduduk
Kanker Payudara Dialami Perempuan Sekitar 24,4 per 100 Ribu Penduduk

Bukan masalah bagaimana hubungan suami-isteri namun bagaimana upaya mencegah pernihakan usia dini yang bisa berakibat kanker, namun pengetahuan itu saat ini masih tabu.

Dr. M. Subuh, MPPM Ketua Umum Asosiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) mengatakan jika Dinas Kesehatan harus punya kebijakan yang sifatnya bisa melakukan urusan-urusan yang sifatnya tematik, disamping pengendalian dan pencegahan kanker sudah masuk RPJM Nasional, dan sudah seharusnya ini juga sudah masuk RPJMD.

Dikatakan M. Subuh jika peran Dinkes bersama-sama unsur masyarakat bisa melakukan rekasaya sosial melalui penguatan lidersip sektor kesehatan yang sudah ada ditengah masyarakat, seperti peran tokoh agama, tokoh adat, PKK, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya.

M. Subuh menyebut jika Indonesia memiliki sistim pelayanan kesehatan terbaik di dunia, karena adanya Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), siapa penggeraknya toga dan toma.

Baca juga : Pasien Kanker Tulang Terima Bantuan Badan Amil Zakat, di Nagari Kotobaru

PKK yang ada dimasyarakat, bahkan ada rujukan yang berbasis komunitas, jadi kader yang digerakkan toga dan toma bisa merujuk ke pustu atau puskesmas jadi itu sangat luar biasa sekali.

“Ada indikator jika mesin sosial itu berjalan, sebenarnya itu sederhana, pertama tidak ada lagi hoaks di masyarakat yang mengatakan serviks itu penyakit besar pemeriksaannya tabu dan lain-lain, kedua tidak ada kepanikan di masyarakat, dan ketiga masyarakat mengindahkan apa yang dikatakan pemerintah, toga dan toma,”ujarnya.

Sementara itu Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra disela-sela Webinar menyampaikan jika peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting sebagai champion dalam hal deteksi dini kanker ini karena bisa mempengaruhi orang lain, mengendalikan masyarakat, mampu menyelesaikan persoalan, disegani dan juga mengayomi.

Terkait TPPKK sebagai mitra pemerintah disampaikan Ny. Lise Eka Putra dalam 10 program pokok PKK pokja empat yaitu program kesehatan TPPKK.

Dan kader bersama Dinas Kesehatan juga terus melakukan pembinaan kepada masyarakat tentang Inspeksi Visual Asam Asetat atau IVA Test yang merupakan metode pendeteksian dini kanker serviks.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 24424
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini