Fakta-fakta Ikan Duyung yang Ditemukan di Sulawesi Selatan

×

Fakta-fakta Ikan Duyung yang Ditemukan di Sulawesi Selatan

Bagikan berita
foto : A Dugong near Marsa Alam (Egypt). (Julien Willem/wikipedia)
foto : A Dugong near Marsa Alam (Egypt). (Julien Willem/wikipedia)

”Semoga dengan kemunculan dan penyelamatan duyung atau halicora dugong ini menjadi bukti akan keberadaan dan kelestarian duyung di Indonesia, khususnya di Kota Parepare,”

kata Danyon Brimob Parepare.

Melansir Wikipedia, Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis mamalia laut yang merupakan salah satu anggota Sirenia atau sapi laut yang masih bertahan hidup selain manatee dan mampu mencapai usia 22 sampai 25 tahun.

Duyung bukanlah ikan karena menyusui anaknya dan masih merupakan kerabat evolusi dari gajah. Ia merupakan satu-satunya hewan yang mewakili suku Dugongidae.

Selain itu, ia juga merupakan satu-satunya lembu laut yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik, walaupun kebanyakan duyung tinggal di kawasan timur Indonesia dan perairan utara Australia.

Duyung atau dugong adalah satu-satunya mamalia laut herbivora atau maun (pemakan dedaunan), dan semua spesies sapi laut hidup pada perairan segar dengan suhu air tertentu.

Duyung sangat bergantung kepada rumput laut sebagai sumber makanan, sehingga penyebaran hewan ini terbatas pada kawasan pantai tempat ia dilahirkan.

Hewan ini membutuhkan kawasan jelajah yang luas, perairan dangkal serta tenang, seperti di kawasan teluk dan hutan bakau. Moncong hewan ini menghadap ke bawah agar dapat menjamah rumput laut yang tumbuh di dasar perairan.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 18439
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini