Profil Kentaro Miura, Kreator Manga Berserk yang Meninggal Dunia

×

Profil Kentaro Miura, Kreator Manga Berserk yang Meninggal Dunia

Bagikan berita
foto : (Instagram/@miura_kentaro)
foto : (Instagram/@miura_kentaro)

Lalu pada 1985, Kentaro mendaftar untuk ujian masuk perguruan tinggi seni di Universitas Nihon. Dia menyerahkan proyeknya Futanabi untuk diperiksa dan diberikan izin masuk.

Proyek ini kemudian membuatnya mendapatkan nominasi sebagai Penulis Baru Terbaik di Majalah Weekly Shonen.

Berserk dimulai pada tahun 1989 dan terus berlanjut sampai Kentaro meninggal dunia.

Hingga Mei 2021, lebih dari 50 juta eksemplar Berserk yang telah beredar di seluruh dunia. Hal ini menjadikannya salah satu seri manga terlaris sepanjang masa. 

Pada tahun 1977, Kentaro membuat manga keduanya, Ken e no michi di mana ia menggunakan tinta India untuk pertama kalinya. 

Berserk yang pada akhirnya menjadi karya Kentaro yang paling terkenal dan sukses, dimulai dari Rumah Hewan Bulanan Hakusensha pada tahun 1989. 

Pada tahun 1990, sebuah prekuel dari Oro berjudul Oro Den diterbitkan di majalah. Pada tahun 1992, Rumah Hewan Bulanan diubah namanya menjadi Hewan Muda, di mana Berserk melanjutkan serialisasi. 

Miura mengawasi produksi adaptasi anime Berserk yang terdiri dari 25 episode yang diproduksi oleh OLM, Inc., pada  1997 yang ditayangkan pada tahun yang sama di NTV. 

Kentaro juga berkontribusi untuk video game Dreamcast Sword of the Berserk: Guts 'Rage, termasuk ikut menulis plot cerita pada 1999. 

Kemudian pada 2013, Kentaro merilis manga mandiri pendek Gigantomakhia, yang dirilis ke wilayah berbahasa Inggris sebagai Giganto Maxia oleh penerbit Dark Horse pada 2016.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 17520
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini